Paripurna Dewan, Gubernur Bengkulu Sampaikan Laporan Pertanggungjawaban APBD 2018

0
20

BengkuluKito.Com, – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu menggelar rapat penyampaian nota penjelasan gubernur mengenai pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Bengkulu tahun 2018, Rabu (17/7/2019).

“Tentunya hasil tersebut akan menjadi acuan kita untuk anggaran berikutnya,” ucap Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dalam rapat paripurna, di ruang sidang Paripurna DPRD Provinsi Bengkulu.

Ia mengatakan, penyampaian nota penjelasan mengenai pertanggungjawaban APBD tahun 2018 ini akan dilanjutkan dengan pembahasan rapat paripurna DPRD Provinsi Bengkulu dengan agenda pendapat fraksi.

Dari hasil rapat tersebut, nanti akan keluar kesimpulan SILPA (Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Tahun Berkenaan, yaitu selisih antara surplus/defisit anggaran dengan pembiayaan netto) yang dihasilkan Provinsi Bengkulu.

Untuk pengoptimalan anggaran, sambung Rohidin, pihaknya telah mulai melakukan beberapa upaya seperti mengefektifkan beberapa pembelanjaan yang dianggap kurang perlu.

“Jadi kita bukan mengurangi, namun mengefektifkan. Jadi yang dirasa belum perlu ditunda dulu dan akan diakomodir pada tahun anggaran berikutnya,” katanya.

Sementara itu, untuk tahun anggaran 2019 ini Rohidin menyatakan ada beberapa aspek yang saat ini diutamakan yaitu alokasi untuk pelaksanaan Pilkada dan pembayaran hak kontraktor yang sebelumnya belum dibayar oleh pemerintah provinsi.

“Jika dua hal tersebut selesai, maka baru yang ketiga kita akan pikirkan kegiatan yang benar-benar pokok,” terangnya.

Dari penyampaian Gubernur Bengkulu, disimpulkan bahwa angka penghitungan APBD secara keseluruhan dari segi belanja yaitu sebesar Rp. 2,9 triliun, sedangkan pendapatan sebesar Rp. 2,8 triliun dengan defisit Rp. 127,7 juta.

Penerimaan pembiayaan sebesar Rp. 351,088 miliar dan pengeluaran pembiayaan sebesar  Rp.10 miliar. Kemudian utuk sisa lebih perhitungan yaitu sebesar Rp. 213,318 miliar.

Diketahui, rapat paripurna ke-6 masa sidang ke- 1 yang dipimpin oleh Ketua DPRD Provinsi Bengkulu, Ikhsan Fajri dan dihadiri 26 anggota dewan. (RC)

Leave a Reply