Polres Seluma Tahan 4 Tsk Korupsi Pengelolahan Dana Desa

0
543

BengkuluKito.Com, – Penyidik Tindak Pidana Korupsi Polres Seluma menahan keempat tersangka kasus dugaan korupsi pengelolahan Dana Desa (DD) di Desa Talang Rami Kecamatan Seluma Utara.

Kasat Reskrim Polres Seluma, Rizka Fadhila didampingi Kanit Tipidkor, Denny Siregar, mengatakan keempat tersangka yang ditahan yakni, mantan Kades Na (45) dan Tiga TPK yaitu, Mu (40), He (28), De (25) setelah sebelumnya dilakukan pemeriksaan yang intensif.

“Setelah kita lakukan proses penyelidikan dan pengumpulan alat bukti, keempatnya kita tetapkan tersangka dan kita laksanakan pemeriksaan. Selanjutnya kita kenakan tindakan penahanan terhadap keempat tersangka,” ucapnya.

Dijelaskan Rizka, keempat tersangka ini tersandung kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan dana desa, setelah sebelumnya terdapat salah satu item belanja barang yang difiktifkan untuk memenuhi permintaan Na selaku Kades.

Tujuannya, sambung Rizka, untuk memberikan upeti agar meminimalisir hasil temuan pengelolan APBD, yang selanjutnya uang tersebut diberikan kepada petugas Inspektorat agar mempermudah dan meniadakan temuan hasil pemeriksaan.

“Ada salah satu kegiatan yang difiktifkan dalam pengelolahan dana desa sebesar Rp. 35 juta, namun BB yang kita amankan sebesar Rp. 19,5 juta,” terangnya, Jum’at (12/7/2019).

Diketahui, keempat tersangka ini dikenakan Pasal 8 dan 11 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi Nomor 31 tahun 1999, sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi junto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. (RC) 

Leave a Reply