Akademisi: Mutasi Batal, Pasti Ada Kesalahan Prosedural dan Konflik Kepentingan

0
62

BengkuluKito.Com, – Dosen Fisipol Universitas Bengkulu, Heri Supriyanto, menilai batalnya mutasi ratusan ASN di lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu, kemarin tentu ada kesalahan prosedural dan konflik kepentingan, Rabu (10/7/2019).

“Ini pasti ada kesalahan prosedural yang dilakukan sistem seleksi itu sendiri dan konflik kepentingan dari pihak-pihak eksekutif yang punya gagasan,” ungkapnya.

Heri menjelaskan, kalau semua mengikuti peraturan yang ada, hal yang terjadi tersebut sebenarnya tidak ada masalah. Tetapi, sering sekali terjadi desakan-desakan kepentingan yang lebih besar.

“Misalnya, ada seseorang pejabat yang secara eselon naik atau tidak naik, itu sering menjadi kendala,” terangnya.

Sebenarnya, kata Heri, kenaikan eselon yang dilakukan di lingkungan pemerintah daerah tersebut sudah jelas tata laksananya dan indikator juga jelas.

“Sekarang tidak bisa lagi seperti dahulu yang didasarkan soal-soal kepentingan, tetapi lebih mengutamakan indikator kinerja. Inilah yang sering sekali menjadi luput pemahaman pihak eksekutif,” jelasnya.

Jadi, sambung Heri, penandatanganan atau pengangkatan yang dilakukan seharusnya dikonsultasikan dahulu ke pemerintah pusat, sehingga meminimalisir terjadi kekeliruan.

“Pasti terjadi kekeliruan dari prosedur. Pengangkatan bisa batal jika proses pengangkatannya tidak benar,” tandasnya. (RC)

Leave a Reply