Mandiri dan Kreatif, Mapasta IAIN Curup Ubah Ruangan Jadi Studio Foto

0
236

BengkuluKito.Com, – Tak banyak organisasi yang secara mandiri mampu menghasilkan pendapatan guna menjalankan roda organisasi, apalagi pada tingkat organisasi kemahasiswaan. Namun tidak demikian dengan Mahasiswa pecinta alam IAIN (Mapasta) Curup, Rejang Lebong.

Berkat ide kreatif anggota khususnya di bidang advokasi dan jurnalistik, Mapasta IAIN Curup mampu membuat terobosan dengan mengelola satu ruangan di Sekretariat Mapasta menjadi ruang studio foto, dan sebagai salah satu sumber pendapatan organisasi.

Dikatakan Ketua Umum Mapasta, Fevo Wahyu Anugrah, ide membuat studio foto tersebut bermula dari keinginan dirinya untuk memberdayakan anggota khususnya dibidang advokasi dan jurnalistik agar memiliki aktifitas di organisasi. Sehingga, anggota tetap produktif saat mengisi keseharian di sekretariat Mapasta.

Ketua umum Mapasta IAIN Curup, Fevo Wahyu Anugrah.

“Sejauh ini, studio foto itu sudah digunakan untuk foto-foto acara wisuda mahasiswa. Terakhir, studio foto ini disewa mahasiswa dari asrama IAIN,” terangnya, Jum’at (5/7/2019) di Sekretariat Mapasta IAIN Bengkulu.

Sebelumnya, sambung Fevo, ruangan tersebut digunakan sebagai ruang divisi advokasi dan jurnalistik Mapasta.

“Untuk biaya jasa pemotretan kemarin itu Rp. 50 per 30 petik, hanya file mentah saja sekaligus kita promosi,” ungkapnya.

Beberapa jasa foto yang ditawarkan di studio foto ini, yaitu foto prawedding, wedding, foto wisuda, foto keluarga, dan lainnya. Alat-alat di studio foto ini, kata Fevo, diperoleh dari swadaya anggota.

Terkait keterampilan fotografi, terang Fevo, diperoleh dari pelatihan, magang di studio foto, dan juga belajar otodidak. Kedepan, studio foto itu akan tetap difokuskan sebagai salah satu sumber pendanaan organisasi.

“Saya berharap studio foto ini mampu menumbuhkembangkan pengetahuan dan keterampilan anggota terkait fotografi sehingga nantinya siap untuk terjun di dunia kerja,” imbuhnya.

Selain itu, Pembina Mapasta IAIN Curup, Ruly Sumanda mendukung penuh atas kreatifitas dan terobosan mahasiswa binaannya. “Apapun bentuk kegiatanya, selagi positif dan menjadi media pengembangan diri anggota maka kita dukung penuh,” ujarnya.

Pembina Mapasta IAIN Curup, Ruly Sumanda.

Ruly menambahkan, mahasiswa itu selain dibekali ilmu pengetahuan juga harus dibekali dengan jiwa entrepreneur atau jiwa kewirausahaan sehingga siap masuk dunia kerja.

“Energi positif pemuda itu harus disalurkan pada kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, baik bagi diri sendiri, kampus, orang tua, dan negara,” pungkasnya.

Terhimpun, selain studio foto Mapasta juga memiliki beberapa usaha penggalangan dana lainnya seperti outbound, wisata tubing, jasa guide atau pemandu pendakian gunung bersertifikasi, percetakan, dan direncanakan usaha bank bibit produktif. (JR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here