Harganas dan HANI 2019: “Peran Keluarga Penting Ciptakan Generasi Hebat”

0
36

BengkuluKito.Com, – Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) dan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2019 dilaksanakan secara serentak di Lapangan Kantor Gubernur Bengkulu, Rabu (26/6/2019).

Sekretaris Daerah, Nopian Andusti mengatakan pelaksanaan Harganas dan HANI dilaksanakan secara serentak karena keduanya memiliki keterkaitan.

Dijelaskannya, peran keluarga sangat penting dan berharga dalam menciptakan generasi hebat, bebas dari bahaya Narkotika yang dapat merusak masa depan generasi penerus.

“Harganas tentang keluarga dan HANI tentang Narkotika. Peredaran narkotika sedang marak terjadi akhir-akhir ini, oleh sebab itu peran keluarga sangat penting agar menjauhkan generasi penerus dari barang berbahaya tersebut,” ujarnya, saat menjadi pembina upacara peringatan Harganas ke XXVI dan HANI.

Peserta upacara peringatan Harganas ke-XXVI dan HANI 2019 di Lapangan Kantor Gubernur Bengkulu.

Selain itu, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Bengkulu, Busmar Edisyaf menyampaikan BKKBN sedang menggagas gerakan 1821 sebagai upaya membentengi anak dari pengaruh buruk lingkungan, karena dalam kurun waktu pukul 18.00-21.00 tersebut, umumnya semua anggota keluarga berkumpul di rumah.

“Gerakan 1821 adalah program yang sangat sederhana (simple), praktis dan gampang dipraktikan siapapun. Para orangtua dapat mengisinya dengan kegiatan 3B, yaitu Bermain, Belajar, dan Bicara, dengan begitu akan muncul rasa tanggung jawab dan orang tua merasa punya ‘peran’ sebagai orang tua sebenarnya bukan kebetulan jadi orang tua,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bengkulu, Brigjen Pol. Drs. Agus Riansyah menyampaikan BNNP terus melakukan edukasi dan pembinaan kepada masyarakat akan bahaya narkoba. Sejauh ini penyalahgunaan narkoba di Provinsi bengkulu mencapai angka 1,68% atau sekitar 24.114 orang.

“Kasus penyalahgunaan Narkotika di Bengkulu masih sangat tinggi, paling banyak dari tingkat pekerja sedangkan pelajar ada juga namun sedikit, BNNP juga terus melakukan edukasi terhadap bahaya penyalahgunaan narkotika,” jelasnya. (RC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here