Gelembungkan Suara Caleg Partai GERINDRA, Oknum PPK Talo Ulu dijanjikan Uang 100Juta

0
243

BengkuluKito.Com,– Perkembangan penanganan tindak pidana pemilu dugaan penggelembungan suara salah satu Caleg DPR-RI dari partai Gerindra disampaikan secara transparan melalui konfrensi pers Polres Seluma (16/5/2019).

Disampaikan pihak penyidik telah berhasil menangkap para tersangka di salah satu kawasan Mall yang berada di Jakarta Selatan. Ketiga oknum PPK Ulu Talo tersebut adalah masing berinisial A-H, A-R dan A-L.

Saat ini mereka bertiga resmi ditetapkan sebagai Tersangka oleh Polres Seluma.

“Mereka ini sempat melarikan diri ke Jakarta, dan berhasil ditangkap oleh anggota dan dibantu oleh Polda Metro Jaya,” Ungkap Kapolres Seluma, AKBP I Nyoman Mertha Dana.

Diketahui, penggelembungan suara partai besutan Prabowo ini melalui suara Caleg DPR-RI. Informasi awal melalui pleno Rekapitulasi Ditingkat KPU Kabupaten Seluma, penyelenggara pemilu ini terbukti menggelembungkan dan memalsukan dokumen atas suara Caleg DPR RI nomor urut tiga dari Partai Gerindra, dari 185 suara menjadi 1.137 suara.

Adapun pemalsuan dokumen dilakukan dengan cara merubah semua isi penghitungan suara mulai dari C1 hingga DA1 plano.

“Mereka kita amankan karena telah memanipulasi suara salah satu Caleg DPR RI nomor urut tiga dari Partai Gerindra,” papar Kapolres.

Dari hasil pemeriksaan tersangka, aksi nekatnya ini karena ada janji uang sejumlah Rp. 100 juta dari seseorang elite politik yang saat ini tengah dilakukan pengejaran.

“Dari Rp. 100 juta yang di janjikan, diduga mereka sudah menerima Rp. 55 juta dan telah digunakan untuk berfoya-foya, serta untuk melarikan diri ke Jakarta” jelasnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, ketiga tersangka akan dijerat dengan Pasal 551 UU Nomor 7 Tahun 2017, tentang tindak Pidana pelanggaran Pemilu dengan ancaman kurungan Pidana selama dua tahun dan denda sebesar Rp. 24 Juta. (Release/RC)

Leave a Reply