Teka-Teki Wakil Gubernur Terus Berlanjut

0
75

BengkuluKito.Com,- Teka-teki pemilihan Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu terus berlanjut hingga saat ini, pasalnya banyak respon yang muncul baik dari kalangan masyarakat biasa, pengamat politik, Anggota DPRD Provinsi Bengkulu maupun dari tokoh-tokoh masyarakat Provinsi Bengkulu.

Kata salah satu pengamat politik Provinsi Bengkulu, Azwar Marwan, Rabu (15/5/2019), sesuai mekanisme Wakil Gubernur diusulkan oleh Partai Pengusung atau partai pendukung kepada Gubernur.

Kemudian, Gubernur akan nanti akan menunjuk dua orang yang telah diusul agar nantinya dipilih oleh DPRD Provinsi.

“Mekanisme ini yang kita belum ketahui, apakah partai pengusung sudah menyerahkan nama yang akan dipilih oleh DPRD melalui Gubernur tersebut,” ungkap Azwar.

Artinya, lanjut Azwar, proses ini harus dilalui oleh partai pengusung, jika deadline yang dibuat oleh DPRD Provinsi seperti itu, maka langkah awalnya harus dimulai dari responsipnya partai pengusung atau gabungan partai pengusung.

Jika partai pengusung belum mengusulkan nama dua calon kepada Gubernur, maka Gubernur akan melimpahkan dua nama calon untuk dipilih tersebut siapa saja.

“Kewenangan tersebut adalah kewenangan dari partai pengusung dan untuk menentukan dua nama yang akan dipilih tersebut, yakni oleh Gubernur,” katanya.

Gubernur harus segera menindaklanjuti siapa saja nama yang telah dimunculkan oleh Partai Pengusung tersebut untuk segera diteruskan ke DPRD Provinsi akan nantinya dilakukan proses pemilihan.

Selain itu, Azwar Marwan menambahkan apabila nantinya hingga Pilgub lagi Gubernur belum memutuskan Wakil Gubernurnya, kembali lagi sesuai dengan pertimbangan Gubernur.

Sesuai aturannya, lanjut Azwar, masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubenur masih satu tahun delapan bulan dan tinggallah lagi pertimbangan dari Gubernur misalkan waktu yang tersisa tidak lagi sampai satu tahun dan proses ini belum dimulai, apakah Wakil Gubernur masih dibutuhkan atau tidak.

“Kita juga belum tahu proses keterlambatan ini ada dimana, apakah partai pengusung selama ini belum memnculkan nama kepada Gubernur atau sebaliknya nama-nama tersebut telah masuk kepada Gubernur tetapi belum diserahkan kepada DPRD Provinsi,” tegas Azwar.

Disisi lain, saat dikonfirmasi melalui partai Hanura yang merupakan salah satu partai Pengusung pasangan Ridwan Mukti dan Rohidin Mersyah pada pemilihan Pilgub/wagub sebelumnya mengatakan partai Hanura telah memberikan nama yang diusulkan untuk menjadi Calon Wakil Gubernur.

Kata Sekretaris DPD Hanura Provinsi Bengkulu, Usin Abdisyah Putra Sembiring,SH nama yang telah diusulkan oleh partai Hanura telah disampaikan melalui Gubernur Bengkulu.

“Ya, kami dari partai Hanura telah mendapat persetujuan dari DPP Partai HANURA untuk mengusulkan Muslihan DS sebagai Wakil Gubernur dari partai Hanura dan tinggallah lagi Gubernur Bengkulu yang memutuskan,” tandas Usin.

Dijelaskan pula oleh Usin, Komunikasi dengan partai pengusung lainnya seperti PKB, NASDEM, PKPI juga sudah dibangun dalam pencalonan Muslihan sebagai Wagub.

“Insya Allah komunikasi kita dengan partai PKB, NASDEM dan PKPI terus berjalan, dan dalam waktu beberapa hari ini kita akan bertemu untuk menyatukan pendapat menjelang batas waktu 15 hari setelah surat dari pimpinan DPRD ke pak Gubernur” terang Usin Abdisyah Putra Sembiring,SH.

Diketahui sebelumnya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu telah memberikan waktu kepada Gubernur Bengkulu untuk memilih dua nama calon Wakil Gunernur yang akan diusulkan kepada DPRD Provinsi Bengkulu. (RC)

Leave a Reply