Inilah Data Korban Dan Total Kerusakan Bencana Bengkulu

0
136

BengkuluKito.Com,– Bencana alam yang melanda Provinsi Bengkulu akhir-akhir ini sangatlah luar biasa, sebab korbannya tidak hanya kerusakan fisik melainkan juga korban jiwa.

BPBD Bengkulu Merilis Selasa (30/4/2019) banyak kerugian yang ditimbulkan akibat bencana alam yang melanda Provinsi Bengkulu tersebut, sebagai berikut :

1. Korban Jiwa 29 orang meninggal dunia (terbanyak di Kabupaten Bengkulu Tengah sebanyak 22 orang).
2. 13 orang hilang (terbanyak di Kabupaten Bengkulu Tengah sebanyak 10 orang).
3. Kurugian ternak mati (100 ekor sapi, 102 ekor kambing atau domba dan 4 ekor kerbau).
4. Kerusakan fisik (184 rumah, 7 fasilitas pendidikan dan 40 titik sarana dan prasarana infrastruktur).
5. 12 ribu orang mengungsi.

Sumber data BPBD atas jumlah korban banjir kota bengkulu

Sementara itu, Salah satu tokoh masyarakat Provinsi Bengkulu, Usin Abdisyah Putra Sembiring turut perihatin bencana alam yang melanda hampir seluruh wilayah Provinsi Bengkulu.

“Saya secara pribadi mengucapkan prihatin atas bencana yang melanda warga provinsi Bengkulu dan untuk keluarga yang menjadi korban atas peristiwa tersebut diharapkan bersabar,” Singkatnya.

Namun Usin menambahkan musibah ini harus menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

“Saatnya bagi pemerintah Propinsi Bengkulu mengevaluasi adanya eksploitasi dan pembukaan hutan oleh pertambangan di Propinsi Bengkulu, jelas kok air itu berasal dari mana dan dimana hutan-hutan yang gundul berakibat serapan air ketika musim hujan tidak ada, ya yang korban warga kota bengkulu, jadi tambang-tambang batubara yang operasi diwilayah hulu itu harus bertanggungjawab” terang Advokat Senior Usin Abdisyah Putra Sembiring, S.H yang terpilih sebagai Anggota DPRD Propinsi ini.

Untuk diketahui saat ini berdasarkan pantuan BengkuluKto.Com masih banyak warga Provinsi Bengkulu yang terkena dampak bencana alam tersebut membutuhkan bantuan atau uluran tangan. (RC)

Leave a Reply