KPU-SMSI Sosialisasi Pemilu di Daerah Partisipasi Rendah

0
27

BengkuluKito.Com,- Meningkatkan partisipasi pemilih di daerah dengan tingkat partisipasi rendah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) bekerjasama dengan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bengkulu melakukan sosialisasi pemilu. Kegiatan sosialisasi pemilu dilaksanakan di kantor Camat Teluk Segara dengan sasaran adalah perwakilan dari setiap RT di kelurahan Jitra, Rabu (3/4/2019).

Sosialisasi di kecamatan itu dilakukan karena menurut KPU, tingkat partisipasi pemilih hanya 63 persen, sedangkan di daerah lain, rata-rata diatas 70 persen dan juga kegiatan sosialisasi itu diikuti sekitar 200 warga.

Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwansyah mengatakan, dengan kegiatan sosialisasi itu, diharapkan tingkat partisipasi pemilih akan meningkat di daerah itu.

“Selain datang ke kelurahan bisa di cek di aplikasi yang sudah ditentukan oleh kpu, jadi memang kenapa kita pilih diklurahan gitra karena minat pemilinya cuman sedikit. Dpt itu dilihat seluruhnya yang berada di kelurahan tetsebut, kami berharap yang terdaftar di kelurahan gutra,” Kata Irwan Saputra.

Komisioner lainnya KPU, Eko Sugianto menyerukan agar pada 17 April 2019 nanti, pihaknya berharap semua warga yang memiliki hak pilih agar datang ke TPS untuk memilih presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten kota untuk menentukan 5 tahun kedepan.

“17 April 2019 nanti datang ke TPS dari jam 07.00 sampai 14.00 WIB,” kata Eko.

Di kesempatan itu, Eko juga mempraktekkan cara pencoblosan. “Silakan coblos nomornya atau orangnya buat calon presiden, DPR RI cobos nomor dan partainya begitu juga dengan DRPD Provinsi dan DPRD kabupaten kota , serta DPD RI dari nomor 21 sampai 31 coblos nomor dan orangnya. Kalau ada surat suara yang rusak minta diganti sama petugas,” papar Eko diikuti serius oleh peserta sosialisasi.

“Surat suara calon Presiden warna abu-abu, DPR RI warna kuning, DPD RI warna merah, DPRD Provinsi warna biru dan DRPD kabupaten kota warna hijau,” jelas Eko

Disisi lain, Camat Teluk Segara Ikhwan Nova berharap, kedepan, yakni pada 17 April 2019, tingkat partisipasi pemilih akan dapat meningkat di kecamatan itu.

“Saya minta kepada bapak-bapak dan ibu-ibu yang hadir, mohon disampaikan kepada kerabat dan lingkungan agar pada 17 April 2019 nanti datang memilih ke TPS,” tutup Ikhwan Nova. (RC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here