Ini Himbauan Dinkes Kota Tentang Fenomena Equinox

0
44

BengkuluKito.Com,- Belakangan ini banyak tersebar kabar yang mengatakan tentang equinox, equinox merupakan fenomena astronomi di mana matahari melintasi garis khatulistiwa.

Pantauan BengkuluKito.Com hal tersebut sempat tersebar di pesan berantai WhatsApp yang dimana berisi mengenai himbauan agar mengurangi aktifitas diluar rumah yakni tanggal 22 Maret hingga 28 Maret 2019 dikarekan panas yang melebihi batas normal dari biasanya.

Dijelaskan kembali, Equinox merupakan posisi matahari persis di equator dimana matahari mencapai titik terdekat dengan bumi.

Sehingga hal tersebut dapat mengakibatkan dehidrasi yang mengakibatkan tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang diterima.

Sehingga kadar air normal yang berkurang di dalam tubuh bisa mengganggu keseimbangan mineral (garam dan gula) dan kemudian mempengaruhi cara fungsinya.

Namun, meski sudah melewati waktu yang disiarkan, cuaca yang tidak menentu, seperti panas yang menyengat tiba-tiba berganti hujan badai masih terasa terutama di Kota Bengkulu.

Pergantian cuaca seperti ini dapat mempengaruhi daya tahan tubuh hingga berdampak pada kesehatan.

Dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Susilawaty melalui pesan singkat Via WhatsApp Sabtu (30/3/2019) meminta warga Bengkulu agar menjaga kesehatan guna menghadapi sisa fenomena equinox.

“Jadi pertukaran antar cuaca itu kemungkinan akan kena flu, maka perlu banyak istirahat dan jaga pola hidup sehat,” ucapnya

Selain itu, agar juga menjaga kesehatan tubuh yang harus dibarengi dengan memperbanyak asupan buah dan sayur.

“Banyak makan sayur dan buah serta banyak minum air putih, karena dampak kurang minum air putih ini sangat besar sebenarnya meski terdengar sepele,” jelasnya.

Lebih lanjut, Susilawaty menyarankan segera menemui dokter ketika badan terasa kurang sehat.

“Yang jelas bila merasa tidak enak badan atau demam untuk segera mendatangi fasilitas kesehatan terdekat baik di puskesmas pembantu, induk maupun perawatan serta jika sakit terus berlanjut maka akan dirujuk ke rumah sakit,” tandasnya. (RC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here