Sekda Kota : Mutasi Pejabat Mungkin Sesudah Pemilu 2019

0
38

BengkuluKito.Com, – Terkait dengan akan adanya mutasi pada beberapa nama-nama pejabat yang ada di Pemerintah Kota Bengkulu, Sekretaris Daerah Kota Bengkulu, Marjon mengatakan kemungkinan sesudah pemilu tahun 2019.

“Saat ini Pemerintah kota sudah membentuk tim khusus untuk melakukan penilaian terlebih dahulu terhadap pejabat tersebut, selanjutnya akan menjadi bahan pertimbangan apakah masuk daftar mutasi atau tetap dipertahankan,” ujarnya, Kamis (7/3/2019).

Untuk itu, sambung Marjon, saat ini pihaknya sedang melakukan pola penilaian pejabat dan menyiapkan nama-nama pejabat eselon II, III dan IV yang akan dirotasi, mutasi dan promosi.

Selain itu, kata Marjon, meski sudah dimulai masa penilaian untuk pelaksanaan mutasi ini kemungkinan besar akan digelar setelah pemilu 2019 mendatang, dan mutasi tidak serta merta bisa dilakukan dengan mudah karena untuk menyusun atau merombak jabatan diperlukan dasar pertimbangan yang matang.

Maka dari itu, lanjut Marjon, dalam beberapa bulan terakhir menjelang pelaksanaan mutasi itu akan dimanfaatkan untuk evaluasi kinerja.

“Kita akan gelar mungkin setelah Pilpres nanti, dan untuk saat ini pejabat masih bekerja seperti biasa tetapi dalam tahap evaluasi,” jelasnya.

Ditambahkan Marjon, proses penilaian ini melalui banyak tahap, selain digelar uji kompetensi pada akhir tahun 2018 lalu, juga dilakukan metode penelusuran rekam jejak dan penilaian loyalitas dengan pimpinan maupun bawahan.

“Tugas saya selaku pejabat penilai tidak mungkin turun ke bawah, tetapi ada format yang kita buat dan dikerjakan oleh tim penilai yang sudah kita SK-kan,” terangnya.

Tim ini, terang Marjon, secara berkala akan turun ke setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengamati dan membuat laporan tentang apa-apa saja hasil evaluasi tersebut.

Marjon juga mengungkapkan, untuk menjalankan program dan visi misi kepala daerah, maka dibutuhkan Kepala OPD yang memiliki loyalitas, elektabilitas, kinerja baik, dan kedisiplinan serta kemampuan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Dengan harapan, roda pemerintahan bisa berjalan dengan baik.

“Tim yang telah terbentuk akan melakukan beberapa kunjungan ke masing-masing OPD dan kemana pejabat bersangkutan pernah bertugas dua kali sebelumnya, serta kita juga akan malakukan survei ke lingkungan masyarakat agar ke depan birokrasi benar-benar berkualitas dan disenangi masyarakat,” tutupnya. (RC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here