Terdakwa Penipuan CPNS Divonis 2 tahun 10 Bulan

0
52

BengkuluKito.Com,- ES (37), warga Kelurahan Surabaya, yang terlibat dalam kasus penipuan CPNS, divonis majelis hakim pidana penjara selama 2 tahun 10 bulan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Bengkulu. Selasa (5/3/2019).

Majelis Hakim menilai terdakwa terbukti secara sah dan menyakinkan melakukan dugaan tindak penipuan sesuai pasal 378 KUHPidana.

Dalam persidangan yang berlangsung, Ketua Majelis Hakim Fitrizal Yanto SH MH saat membacakan surat vonis mengatakan, yang memberatkan terdakwa pernah melakukan tindakan serupa dan sudah dijatuhi vonis bersalah.

“Menjatuhkan vonis kepada terdakwa ES dengan hukuman kurungan penjara selama 2 tahun dan 10 bulan,” katanya.

Majelis hakim menyebutkan, dalam fakta persidangan, terdakwa terbukti melakukan penipuan terhadap korban Gufron bin Suharsono, warga Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara.

Atas perbuatan tersebut, korban mengalami kerugian mencapai Rp 273 juta. Modusnya terdakwa mengaku bisa meluluskan korban menjadi TNI.

Namun dalam proses seleksi korban tidak lulus dan terdakwa kemudian menawarkan untuk menjadi anggota Polri, namun juga tidak lulus serta hingga akhirnya korban melapor ke Polda Bengkulu.

“Apa yang sudah dilakukan terdakwa ini pun sudah dibenarkan dengan bukti dan keterangan saksi selama persidangan sehingga kita berpendapat jika terdakwa ES memang bersalah,” ucapnya.

Keputusan hakim tersebut, lebih ringan dari tuntutan yang dibacakan jaksa penuntut umum (JPU), Yenti Kosnita SH yakni 3 tahun.

Usai pembacaan vonis, terdakwa ES masih menyatakan fikir-fikir atas putusan tersebut apakah mengajukan banding atau tidak nantinya dan Hakim pun memberikan waktu kepada terdakwa selama 7 hari untuk melakukan upaya hukum lainnya atau fikir-fikir dahulu. (RC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here