Bawaslu Sebut Tabloid Indonesia Barokah Tidak Penuhi Unsur Pelanggaran

0
73

BengkuluKito.Com, – Bawaslu Provinsi Bengkulu memastikan jika Tabloid Indonesia Barokah tidak memenuhi unsur pelanggaran Pemilu, Selasa (29/1/2019).

Hal tersebut disampaikan Komisioner Bawaslu Provinsi Bengkulu bidang pengawasan, Fatimah Siregar melalui Surat Edaran Bawaslu RI.

“Bawaslu tidak perlu melakukan proses penindakan berikutnya, termasuk melakukan tindakan penyimpanan terhadap barang bukti,” terangnya.

Kemudian, kata Fatimah, apabila ada pihak lain yang meminta kepada Bawaslu diluar kewenangan yang dimiliki, maka pengawas Pemilu dapat menjelaskan kewenangan dan proses yang menjadi tanggung jawab Bawaslu saja.

“Kewenangan terhadap ketentuan dugaan pelanggaran pers ada di dewan pers, begitu juga kewenangan dugaan munculnya keresahan masyarakat ada di pihak keamanan,” jelasnya.

Koordinasi antar pihak di provinsi tetap dalam koridor kewenangannya masing-masing, sambung Fatimah, apabila memerlukan keterangan tertulis Bawaslu provinsi, cukup dengan merujuk pada ketentuan Surat Edaran Bawaslu RI terkait dengan tabloid ini dan tidak menambah ataupun mengurangi.

“Besok Gugus tugas akan rapat mendiskusikan pendapat Dewan Pers dalam perbuatan Tabloid Indonesia Barokah ini. Setidaknya, kita mendapatkan informasi seperti apa putusan Dewan Pers ini terkait nasib mereka, dari sudut pandang kewenangan mereka,” paparnya.

“Bawaslu provinsi silahkan melakukan identifikasi terkait jumlah dan lokasi penyebaran tabloid jika sewaktu-waktu dibutuhkan dalam proses pengawasan,” tutupnya. (RC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here