Mantan Wakil Ketua I Bidang Internal Komnas HAM RI Segera Dihadirkan Sebagai Ahli

0
97

BengkuluKito.Com, – Memasuki sidang lanjutan gugatan perdata dengan agenda pembuktian dugaan perbuatan melawan hukum PT Kusuma Raya Utama (KRU) selaku pihak tergugat dan Gubernur Bengkulu, sebagai turut tergugat, Wahana lingkungan hidup (Walhi) Bengkulu segera menghadirkan mantan Wakil Ketua I Bidang Internal Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Ridha Saleh, sebagai ahli.

Hal tersebut disampaikan Manager Kampanye Industri Ekstraktif Walhi Bengkulu, Dede Frestien, Sabtu (26/1/2019).

Kata Dede, sidang selanjutnya, Senin (28/1/2019), pihaknya akan menghadirkan Ahli yang nantinya berbicara masalah Hak Asasi Manusia (HAM) terhadap Lingkungan Hidup, yakni Ridha Saleh.

“Ridha Saleh nanti akan banyak berbicara masalah HAM atas Lingkungan Hidup dan Ekosida, yaitu perusakan yang luas atau hilangnya ekosistem dari suatu wilayah, baik oleh manusia atau lainnya (badan hukum), sedemikian rupa sehingga kenikmatan damai oleh masyarakat di wilayah tersebut akan hilang atau berkurang,” terangnya.

Dede menambahkan, dalam usaha memperjuangkan keadilan lingkungan bagi seluruh masyarakat Bengkulu dari Hulu, Tengah dan Hilir, Walhi berharap dukungan yang besar dari masyarakat Provinsi Bengkulu, khususnya masyarakat yang terdampak langsung.

“Karena gugatan ini merupakan gugatan seluruh masyarakat Bengkulu untuk mewujudkan keadilan lingkungan disetiap generasi, dan yang terpenting masyarakat Bengkulu dapat terhindar dari bencana ekologis seperti banjir dan juga tanah longsor akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab terhadap lingkungan,” paparnya.

Terlebih, sambung Dede, dampak pencemaran air tersebut juga dirasakan oleh 9805 rumah konsumen PDAM di Kota Bengkulu yang seharusnya mendapatkan jaminan air bersih dan sehat.

Diketahui, Kamis (24/1/2019) lalu, Walhi Bengkulu menghadirkan Ahli Hukum Pertambangan dari Fakultas Hukum Universitas Tarumanegara, DKI Jakarta, Ahmad Redi. (RC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here