Oknum Anggota DPRD Benteng Diamankan, Ini Kronologisnya

0
135

BengkuluKito.Com, – Jajaran Polda Bengkulu berhasil mengamankan oknum anggota DPRD Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) inisial HN yang diduga melakukan tindak pidana pemerasan terhadap Pejabat sementara (Pjs) Kepala Dinas Kesehatan Benteng dengan mengancam akan mempersulit anggaran ditahun 2019.

Hal terebut disampaikan Direktur Reskrim Umum, AKBP Pasma Royce saat menggelar konferensi pers di Mapolda Bengkulu, Selasa (9/1/2019).

Kata Pasma, HN melakukan pemerasan terhadap Pjs Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Benteng terkait pekerjaan tahun 2018 sebesar Rp. 50 juta.

“Pemberian uang tersebut diminta sebanyak tiga kali dan saat pemberian yang ketiga lah kami melakukan penangkapan terhadap inisial HN,” ucapnya.

Pertama, sambung Pasma, diberikan pada bulan Mei. Lalu, yang kedua tanggal 28 Desember 2018 serta yang ketiga di tanggal 8 Januari 2019.

Pasma menambahkan, tindakan ini dilakukan HN kepada korban terkait pengangaran di tahun 2019. Jika tidak diberikan, maka HN akan mempersulit. Karena korban merasa terancam dan diperas, sehingga korban datang ke Polda Bengkulu untuk melaporkan yang bersangkutan.

“Atas dasar inilah kami merencanakan dan melakukan penangkapan ke kediaman yang bersangkutan,” ungkapnya.

Untuk saat ini, kata Pasma, status HN masih terperiksa karena pihaknya akan melakukan pendalaman terlebih dahulu dan gelar perkara untuk menetapkan status HN.

Menurut Pasma, total keseluruhan yang diminta HN kepada korban sebesar Rp. 50 juta dan sudah diberikan sebanyak tiga kali.

“Pertama, korban memberikan sebanyak Rp. 20 juta. Kedua Rp. 10 juta dan ketiga Rp. 10 juta. Tetapi, saat dilakukan penangkapan terhadap HN, kami hanya mengamankan uang delapan juta lima puluh ribu rupiah,” paparnya.

Terkait pengantaran uang sendiri, terang Pasma, dilakukan oleh salah seorang staff di Dinas Kesehatan Benteng, yang sebelumnya sudah berkoordinasi dengan HN untuk uangnya diantar ke kediamannya.

“Untuk pasal yang disangkakan terhadap pelaku, kami sudah menggelar perkara dengan Dir Direskrimsus. Nantinya penanganan kasus akan dilakukan oleh penyidik Tipikor, karena HN merupakan penyelengara Negara,” bebernya.

Diketahui, HN yang merupakan oknum Anggota DPRD Benteng ini berasal dari Fraksi Partai Gerindra. Saat penangkapan, sejumlah barang bukti berhasil diamankan yakni uang senilai lebih kurang delapan juta rupiah dan beberapa Handphone. (RC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here