Resmikan Monitoring Center, Pemkot Bengkulu Luncurkan 4 Program Digital

0
71

BengkuluKito.Com, – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosan) terus melakukan inovasi. Rabu (19/12/2018), pihaknya meluncurkan 4 program digital dan meresmikan Monitoring Center.

Keempat program yang diluncurkan tersebut yakni, Aplikasi Hidayah (HD) City, Aplikasi Harapan Dan Doa (HD) Oto, Program wifi gratis, serta Ambulans gratis online.

Peluncuran keempat program itu langsung dilakukan oleh Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi di Ruang Monitoring Center yang berlokasi di samping Dinas Pariwisata Kota Bengkulu.

Kata Dedy, penyediaan fasilitas tersebut adalah salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat Kota Bengkulu sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Dirinya juga berharap, ruang monitoring center mampu berkontribusi besar dalam perkembangan pembangunan di Kota Bengkulu.

“Salah satu fungsi dari monitoring center ini adalah memantau aktivitas yang berada di titik strategis Kota bengkulu, sehingga melalui monitoring center ini Pemkot Bengkulu mampu meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat Kota Bengkulu,” jelasnya.

Melalui monitoring center ini, sambung Dedy, ia juga berharap membantu kepolisian dalam menekan angka kriminalitas.

Untuk aplikasi HD City, lanjutnya, secara umum diharapkan dapat dimanfaatkan seluruh masyarakat Kota Bengkulu dan tamu-tamu yang datang ke Kota Bengkulu khususnya.

Sedangkan pada aplikasi HD Oto yang terintegrasi pada layanan ambulans gratis, diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan layanan ambulans gratis tersebut.

Untuk saat ini, kata dia, armada untuk ambulans gratis menggunakan ambulans Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Harapan dan Doa (RSHD) Bengkulu melalui aplikasi HD Oto.

“Kedepannya, Insha Allah Pemkot Bengkulu akan menambah kendaraan dinas lainnya untuk semakin mengoptimalkan pelayanan tersebut,” tuturnya.

Dedy menambahkan, Pemkot Bengkulu juga memasang wifi gratis di tiga titik lokasi dalam Kota Bengkulu yaitu di Taman Smart City Simpang Lima, Taman Nusa Indah, dan Taman Monitoring Center.

“Fasilitas wifi gratis ini diharapkan dapat bermanfaat kepada seluruh masyarakat Kota Bengkulu, sehingga masyarakat dapat mengakses konten–konten yang positif dengan sebaik-baiknya dan bijaksana,” terangnya.

Pada akhirnya, lanjut Dedy, inovasi-inovasi ini bukan saja bagian dari program 100 hari Walikota dan Wakil Walikota Helmi-Dedy.

Akan tetapi, juga bentuk keseriusan Pemkot Bengkulu untuk memberikan akses, fasilitas, dan layanan terbaik kepada masyarakat Kota Bengkulu, sehingga pada akhirnya dapat mewujudkan Kota Bengkulu yang bahagia dan religius.

Sementara itu, Kepala Diskominfosan Kota Bengkulu, Medy Pebriansyah mengungkapkan bahwa monitoring center ini akan digunakan untuk pemantauan CCTV dalam wilayah Kota Bengkulu. Ruang pemantauan, terhubung dengan 33 unit CCTV yang sudah terpasang dalam 3 jalur dalam Kota Bengkulu.

“Koridor I berlokasi di Pantai Jakat, Pantai Panjang, Lingkar Barat dan Pagar Dewa. Koridor II berlokasi di Kampung Cina, Simpang Jamik Jl. Suprapto, Simpang Lima, dan Padang Jati. Untuk koridor III berlokasi di Kampung Bali dan Suka Merindu,” paparnya.

Medy menjelaskan, pembangunan jaringan CCTV ini sudah dimulai sejak 2017 dan sudah terkoneksi dengan Command Center Polda dan Command Center Polres Kota Bengkulu.

Kedepan, kata Medy, akan dilakukan penambahan unit dan jaringan CCTV dalam Kota Bengkulu, serta pembangunan Command Center pemerintah Kota Bengkulu dengan fasilitas dan kemampuan yang lebih canggih dan modern lagi.

“Di samping untuk pemantauan jaringan CCTV, monitoring center juga memantau pelaporan masyarakat berbasis online dan web melalui lapor SP4N, pemantauan media sosial dan pelayanan PPID online,” bebernya. (RC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here