Di Kota Bengkulu, 2.527 Keping E-KTP Dimusnahkan

0
59

BengkuluKito.Com, – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bengkulu, memusnahkan 2.527 Keping E-KTP yang bertempat di lingkungan Dukcapil Kota Bengkulu. Selasa, (18/12/2018).

Kata Kepala Dinas Dukcapil Kota Bengkulu, Sudarto, mudah-mudahan apabila sudah dibakar atau dimusnahkan ini bisa menjamin kerahasiaannya. Walaupun, apabila tidak dimusnahkan KTP tersebut juga tidak bisa dimanfaatkan lagi karena sudah digunting dan dimatikan.

“Apabila sudah digunting maka tidak akan koneksi lagi ke jaringan dan tidak bisa digunakan,” terangnya.

Pemusnahan ini, sambung Sudarto, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Mungkin ada pemalsuan identitas. Lebih baik kita musnahkan dan bakar sesuai dengan instruksi bapak Dirjen melalui Surat Edaran Menteri Dalam Negeri,” jelasnya.

Sudarto menambahkan, seharusnya pemusnahan ini dilakukan Jum’at kemarin, tetapi pihaknya mengantisipasi dan mendapatkan saran langsung dari Kasat Reskrim Polres Kota Bengkulu.

“Harus ada berita acara dan dihadiri oleh saksi-saksi, serta harus ada rekap jumlah KTP yang akan dimusnahkan,” ujarnya.

“Jadi, ini sudah kita rekap sejumlah 2.527 keping, sehingga kita menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan tadi. Hari ini baru bisa kita laksanakan pemusnahan terhadap E-KTP tersebut,” tambahnya.

Dijelaskan Sudarto, 2.527 keping tersebut KTP Warga Kota Bengkulu atas pergantian KTP yang telah rusak dan perubahan identitas.

“Sebelumnya terhadap KTP yang telah rusak, Dukcapil Kota Bengkulu mengirim langsung ke Jakarta, ke Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil,” tutupnya.

Diketahui, dalam kegiatan pemusnahan E-KTP ini dihadiri oleh Kadis Dukcapil Kota Bengkulu beserta pegawai, Kasat Reskrim Polres Kota Bengkulu, Kasi Intel Kejari Bengkulu dan Kesbangpol. (RC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here