Antisipasi Penyakit Saat Banjir, Puskesmas Sukamerindu Siagakan Dokter dan Obat-obatan

0
101

BengkuluKito.Com,  Untuk mengantisipasi penyakit yang muncul akibat banjir di beberapa kelurahan di Kecamatan Sungai Serut, Puskemas Sukamerindu menyiagakan Dokter, Koas dan Perawat.

Keterangan ini disampaikan dr. Aris Fullanda saat dikunjungi wartawan BengkuluKito.Com, di Posko Puskesmas Sukamerindu.

“Kami membuka posko kesehatan sebagai tanggungjawab dan fungsi pelayanan kesehatan. Terutama di kelurahan-kelurahan yang rawan banjir, sebagai antisipasi awal adanya gejala penyakit yang muncul saat bencana dan pasca bencana,” ujar dr. Aris Fullanda.

Ditambahkan dokter muda ini, penyakit yang sering muncul dalam keadaan bencana banjir lebih didominasi penyakit kulit seperti gatal-gatal atau iritasi, flue dan demam, batuk, pusing, mual dan diare.

“Kita juga membawa obat-obatan untuk penyakit yang kebanyakan muncul karena banjir, yakni gatal-gatal, batuk, flue, demam, diare dan penyakit lainnya,” terang dr. Aris Fullanda.

“Untuk pelayanan medis awal, kami siaga di posko sejak pukul 09.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB, namun pelayanan di puskesmas sendiri 24 jam,” tambahnya.

Salah satu penyebab dari penyakit tersebut, sambung dr. Aris, adalah kondisi fisik yang mungkin bergadang, atau mengkonsumsi air kotor bukan air bersih.

“Kami selalu merekomendasi dalam keadaan banjir ini menggunakan air bersih. Jadi ketika dimasak, tidak kotor atau bercampur bakteri,” imbuhnya.

Diketahui, Puskesmas Sukamerindu membuka posko kesehatan tepat di RT 01 Tanjung Jaya sebagai pelayanan kesehatan dan konsultasi. (CW1)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here