Ini Kronologis Kebakaran PTM Pasar Minggu Bengkulu

0
1495

BengkuluKito.Com, – Dalam musibah yang terjadi, Jum’at (14/12/2018) siang di Pasar Tradisional Modern (PTM) Pasar Minggu, Jalan KZ. Abidin 211 Kecamatan Ratu Samban Kota Bengkulu, sangat menghebohkan masyarakat Bumi Raflesia.

Pasalnya, sebanyak 352 kios di lantai I dan 100 lapak penjualan daging di lokasi tersebut harus ludes dilahap si-jago merah.

Baca Juga : Kerugian Akibat Kebakaran PTM Ditaksir Mencapai 75 Milliar

Dari keterangan saksi, Yusro (61), sekira pukul 10.00 WIB saat membuka toko pakaian miliknya di Blok R lantai 2, dirinya mencium bau terbakar di area kios yang berada di lantai 2.

Merasa ada yang tidak beres, Yusro langsung memberitahu Sri (35) dan langsung mematikan skring listrik serta mencari tahu asal bau terbakar tersebut.

“Saat itulah kami melihat asap keluar dari salah satu kios di Blok R, yang menjual pakaian dengan posisi toko itu belum terbuka,” ceritanya.

Baca Juga : 12 Mobil PBK Tidak Cukup Memadamkan Api di PTM, Kapolda Turunkan Mobil Water Canon 4 Unit

Kemudian, merasa panik Yusro pun langsung memberitahu pengelola PTM atas apa yang terjadi. Lalu, pengelola PTM beserta satpam langsung membuka paksa toko yang diduga tempat pertama kali api muncul.

“Kami sempat berusaha memadamkan api dengan penyemprot racun, namun api dengan cepat menjalar sehingga waktu itu kami panik dan langsung menghubungi petugas Damkar,” ujarnya

Baca Juga : Diperkirakan Ratusan Kios Menjadi Korban Kebakaran PTM

Sementara itu, Kepala Dinas Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) Kota Bengkulu, Saipul Afandi membeberkan api diduga berasal dari korsleting arus pendek listrik yang berasal dari salah satu kios milik pedagang pakaian.

Kata Saipul, dari keterangan pihak pengelola PTM Kota Bengkulu, untuk gedung/bangunan PTM tersebut sudah diasuransikan, sedangkan untuk kios-kios yang disewa oleh pedagang hanya sebagian yang diasuransikan oleh masing-masing pedagang.

Baca Juga : Kebakaran PTM Bengkulu, Selama 5 Jam Api Masih Mengamuk

“Dalam kejadian ini, kita menurunkan 15 unit mobil Damkar Kota Bengkulu, 2 unit Damkar bantuan dari Kabupaten Seluma, 1 bantuan dari Kabupaten Benteng dan satu unit Damkar Bandara Fatsoe, serta 3 unit Water Cannon Dit Sabhara Polda Bengkulu,” jelasnya. (MY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here