DPD KNPI: Gubernur Definitif, Pembangunan Kepemudaan Harus Berdasarkan Soft Skill dan Life Skill

0
38

BengkuluKito.Com, – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Bengkulu mengucapkan selamat atas dilantiknya Rohidin Mersyah, sebagai Gubernur Provinsi Bengkulu untuk sisa masa jabatan 2016-2021 oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada 10 Desember 2018.

Dengan sisa masa jabatan yang lebih kurang 2 tahun lagi, KNPI sebagai wadah berhimpunnya pemuda di Bengkulu tentu memiliki harapan besar terhadap Rohidin Mersyah selaku Gubernur Provinsi Bengkulu definitif.

“Terutama harapan tentang pembangunan dan pembinaan kepemudaan di Bumi Rafflesia ini,” ucap Ketua DPD KNPI Bengkulu, Febri Yudirman, Senin (10/12/2018).

Hal itu, kata Febri, karena posisi pemuda yang tak lain adalah sebagai pewaris peradaban dan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan di Bengkulu.

Karena perannya yang strategis itulah, DPD KNPI Provinsi Bengkulu menaruh harapan yang besar kepada Gubernur Provinsi Bengkulu yang baru saja dilantik.

Harapan tersebut tentunya bukanlah suatu hal yang bersifat politis, sambung Febri, karena peran pemuda yang besar dan dapat bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Harapan tersebut tentu juga bukan suatu hal yang pragmatis yang hanya sekedar dipengaruhi oleh momentum semata.

Artinya, pembangunan dan pembinaan kepemudaan adalah suatu hal mutlak yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah. Hal itu merupakan bagian dari amanat Undang-undang nomor 40 tahun 2009.

“Secara kritis kami ingin mengatakan bahwa arah pembangunan kepemudaan di Bengkulu haruslah didasarkan pada peningkatan soft skill dan life skill,” ujarnya.

Tentunya hal tersebut adalah untuk melahirkan pribadi-pribadi manusia Bengkulu yang baru, pribadi yang siap berkompetisi dalam laju perkembangan globalisasi.

“Terlebih revolusi industri 4.0 telah di depan mata. Tentu kita tidak mau pemuda Bengkulu kelak dikemudian hari hanya menjadi penonton,” imbuhnya.

“Disisi lain, kami ingin mengatakan bahwa berhentilah melihat kekuatan pemuda dari kuantitasnya (jumlah). Mari ubah pandangan kita bahwa kekuatan pemuda terletak pada kualitasnya,” tambahnya.

Menurut Febri, DPD KNPI Provinsi Bengkulu melihat Gubernur Provinsi Bengkulu, Rohidin Mersyah yang baru saja dilantik dapat memenuhi harapan pemuda Bengkulu tersebut. (MY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here