Dewan Pengupahan Tetapkan UMK Kota Bengkulu Tahun 2019 Rp. 2,2 Juta

0
2109

BengkuluKito.Com, – Dewan pengupahan Kota Bengkulu, Rabu (28/11/2018) resmi menetapkan Upah Minimum Kota (UMK) untuk tahun 2019, sebesar Rp. 2.200.000, setelah digelarnya rapat pleno di ruang kerja Kadisnaker Kota Bengkulu.

Hadir dalam rapat pleno tersebut seluruh anggota dewan pengupahan, yang terdiri dari unsur pemerintah, pengusaha, pekerja, akademisi, dan BPS Kota Bengkulu. Dari pihak pemerintah kota turut hadir, Bappeda dan Disperindag kota.

Kata salah satu anggota dewan pengupahan yang juga berprofesi sebagai pengacara, Jecky Haryanto, Pleno Dewan Pengupahan kota telah menetapkan UMK untuk direkomendasikan ke walikota sebesar Rp. 2.200.000.

Ditambahkannya, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) mengharapkan nantinya pelaku usaha di wilayah Kota Bengkulu dapat menyesuaikan dengan UMK yang sudah dibahas dan ditetapkan.

“Upah merupakan hak pekerja, kita juga berharap pekerja jangan mau dibayar upah di bawah UMK. Jika dibayar di bawah UMK, laporkan kepada kami (KSPSI) apalagi soal ketentuan upah ini ada sanksi pidana,” tegasnya yang juga Ketua KSPSI Kota Bengkulu.

Jecky menjelaskan, kalau di dewan pengupahan penetapan tersebut sudah final sebagai hasil rapat pleno. Jadi walikota hanya menetapkan saja.

“Penetapan hasil pleno dewan pengupahan oleh walikota itu bersifat wajib sebagai amanat dari Pasal 89 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan,” pungkasnya. (RC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here