Akhirnya, Raperda Minuman Tuak Dibahas

0
65

BengkuluKito.Com, – Menindaklanjuti razia berulang kali yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bengkulu, Selasa (27/11/2018), DPRD Kota Bengkulu menggelar Rapat Paripurna ke- 36 guna membahas Rancangan peraturan daerah (Raperda) inisiatif Larangan Minuman Tuak.

Disampaikan Ketua DPRD Kota Bengkulu, Baidari Citra Dewi, rapat paripurna hari ini berjumlah 18 orang yang dinyatakan dalam kuorum.

“Selain Raperda mengenai larangan minuman tuak, ada dua Raperda lagi yang dibahas yakni mengenai tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dan pembangunan perumahan cluster,” terangnya.

Sementara itu, Asisten III Pemerintah Kota Bengkulu Bidang Adiministrasi Umum Muhammad Husni, yang hadir dalam rapat tersebut menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada legislator yang telah memberikan respon positif terhadap kebutuhan masyarakat.

“Kami berharap hak inisiatif DPRD mampu menjawab kebutuhan masyarakat,” ucap Husni.

Ditambahkannya, Raperda mengenai pembangunan perumahan cluster menjawab kebutuhan lahan perumahan yang semakin terbatas. “Penyediaan kebutuhan rumah saat ini sangat diminati, cluster relatif lebih aman dan dilengkapi sarana prasarana hunian,” tambahnya.

Menurut Husni, Raperda mengenai larangan minuman tuak sudah sejalan dengan Program Walikota dalam mewujudkan Kota Bengkulu yang religius.

“Alkohol dapat merusak secara fisik dan psikis, perlu diatur regulasi khusus agar masyarakat sehat,” ungkapnya.

Terkait Raperda CSR, kata Husni, pembangunan Kota Bengkulu tidak dapat dilakukan oleh pemerintah saja. Perusahaan juga berperan penting dalam menyukseskan pembangunan.

“Tidak diperkenankan menyebutkan besaran jumlah bantuan, karena beberapa daerah telah dianulir oleh pemerintah pusat. Peruntukan dan kegiatan masyarakat sekitar itu boleh diatur,” pungkasnya.

Diketahui, DPRD Kota Bengkulu mengelar agenda Rapat Paripurna ke- 36 perihal penjelasan Walikota Bengkulu tentang Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) terhadap 3 Raperda inisiatif DPRD Kota tahun 2018, yang dihadiri oleh unsur FKPD Kota Bengkulu dan tamu undangan lainnya. (Rilis/CW2)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here