Rohidin Beberkan Kriteria Pemimpin Berkompeten

0
131

BengkuluKito.Com,- Plt Gubernur Rohidin Mersyah beberkan beberapa kriteria yang harus ada dalam Pemimpin agar disebut layak menjadi wakil bagi rakyat. Minggu, (25/11/2018).

Hal tersebut disampaikannya saat hadir dalam acara pembekalan Caleg Provinsi Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu Partai Hanura di hotel Nala Pantai Panjang Kota Bengkulu.

Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan ada beberapa karakter yang harus dimiliki pemimpin agar bisa disebut Berkompeten serta bisa menjadi pemimpin rakyat yakni;

Pertama Berfikir Kritis, orang yang bisa berfikir kritis dan objektif apabila bisa diterima oleh orang banyak atas kekritisannya, jika sikap kritisnya didasarkan pengetahuan dan wawasan yang benar dan sikap kritis itu harus didasarkan data dan informasi yang akurat serta tidak sembarangan menyampaikan informasi kepada masyarakat sehingga kekritisan itu dinilai sebuah kebenaran,  jika dilingkup dan dibungkus dengan etika demokrasi yang sehat.

Kedua sikap Kreatif, orang yang benar-benar kompeten tersebut ketika menghadapi sesuatu hal dirinya tidak akan buntu akal dan tidak pernah mati gaya dalam situasi apapun sehingga kretivitas akan muncul dengan sendirinya karena dia memiliki data.

Ketiga sikap komunikatif, orang yang bisa secara betul bisa membangun komunikasi yang produktif dengan siapapun bukan halnya hanya sekedar orator tapi komunikasi yang produktif dengan segala level yang ada dimasyarakat tidak hanya komunikasi verbal tetapi juga komunikasi non verbal juga.

Dan yang keempat terakhir, ciri pemimpin yang berkompeten itu sikap kolaboratif, artinya mampu betul bekerjasama dengan orang lain, contohnya saja kalau Partai dengan Pemerintah, jika usaha dengan peluang serta kalau di Partai antara DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota itu harus berkalaborasi jangan sendiri-sendiri, apabila nantinya akan sama-sama tentunya pasti akan jadi dan kalaborasi menetukan hasil.

“Memang itu semua berat dan butuh proses untuk melakukannya serta membutuhkan sumber daya tetapi karena hal tersebutlah yang sangat menentukan hasil,” tutup Rohidin. (CW2)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here