Menteri Desa PDTT : Bengkulu Masih Ranking 9 Ekonomi di Sumatera

0
55

BengkuluKito.Com, – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Eko Putro Sandjojo, mengatakan bahwa Provinsi Bengkulu masih berada diranking ke-9 tingkat ekonomi di Pulau Sumatera.

Hal tersebut diungkapkannya saat hadir merayakan Hut Emas ke-50 Provinsi Bengkulu di Sport Center Pantai panjang. Jum’at (16/11/2018).

Kata Eko, dirinya sangat senang sekali bisa ikut merayakan HUT Emas Provinsi Bengkulu ke-50 yang diselenggarakan oleh Plt. gubernur dan walikota/bupati se-Provinsi Bengkulu.

Mudah-mudahan, sambung Eko, melalui kegiatan ini bisa menjadi tonggak baru untuk Provinsi Bengkulu maju. Karena, sekarang Bengkulu masih masuk ranking ke-9 tingkat ekonomi di Pulau Sumatera.

“Nanti juga, saya akan membawa bupati-bupati disetiap daerah untuk bertemu kementerian terkait. Misalnya, PUPR dan Perhubungan agar infrastrukturnya dibantu,” ujarnya.

Selain itu, kata Eko, ia juga akan membawa Bank BRI dan Bank BNI. Tujuannya, agar nanti tidak terlalu lama lagi desa-desa di Provinsi Bengkulu, BumDes nya terbentuk.

Jadi apabila masyarakat akan menabung dan mengambil uang, terang Eko, tidak usah jauh-jauh lagi datang ke kota. Cukup di BumDes nya masing-masing.

“Saya minta seluruh bupati agar menyarankan kepada kepala desa yang infrastrukturnya sudah cukup, mulai diprioritaskan pemberdayaan masyarakat dan ekonomi desa untuk penggunaan dana desanya,” jelasnya.

Menurut Eko, semua tahu bahwa banyak desa-desa lain yang pemberdayaan ekonominya cukup berhasil dan BumDes nya juga berhasil.

“Nanti, besarnya pendapatan BumDes bisa lebih besar dari pendapatan desanya. Sekarang, sudah banyak desa-desa yang membayar pajaknya lebih banyak dari pada pendapatan desa yang dia terima. Jadi, model ini akan kita copy ke desa-desa yang ada di Provinsi Bengkulu,” tutupnya. (CW2)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here