DPD Nasdem Lebong Ajukan Gugatan Sengketa Pemilu

0
182

BengkuluKito.Com, – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kabupaten Lebong, Rabu (7/11/2018) pagi mengajukan permohonan penyelesaian sengketa Pemilu terhadap salah satu kadernya yang dicoret sebagai Caleg, Dedi Hariyanto kepada Bawaslu.

Saat pendaftaran berkas gugatan oleh DPD Partai Nasdem ke Bawaslu Kabupaten Lebong

Pengajuan tersebut dilakukan lantaran kader Partai Nasdem tersebut dicoret dari Daerah pemilihan (Dapil) 1 Lebong nomor urut 6 pada Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu 2019 oleh pihak KPU Lebong tertanggal 3 November 2018.

Ketentuan tidak memenuhi syarat sebagai Caleg itu tertuang di dalam SK KPUD Lebong dengan Nomor : 114/PL.01.4-Kpt/1707/KPU-Kab/XI/2018 tentang perubahan atas SK KPUD Lebong Nomor : 81/PL.01.4-Kpt/1707/KPU-Kab/IX/2018, tentang penetapan DCT anggota DPRD Kabupaten Lebong pada Pemilu 2019.

Kata salah satu kader Nasdem Lebong, Eko Prabowono, pengajuan gugatan ke Bawaslu tersebut untuk menyelesaikan sengketa proses Pemilu melalui sidang adjudikasi.

“Ada kekeliruan yang dilakukan KPUD Lebong dalam pencoretan kader Nasdem dari DCT. Padahal, berkas sebelumnya sudah dinyatakan lengkap dan masuk di dalam DCT DPRD Lebong 2019,” bebernya, yang ikut dalam penyerahan berkas gugatan ke Bawaslu Kabupaten Lebong.

Ditambahkan Eko, pada saat masa Daftar Calon Sementara (DCS) pihaknya juga sudah melakukan perbaikan sesuai dengan hasil koordinasi dengan KPUD Lebong. Namun, pencoretan tersebut baru diumumkan usai penetapan DCT oleh KPUD Lebong.

“Apabila Bawaslu Lebong berpendapat lain, kita mohon putusan yang seadil-adilnya,” tutupnya.

Diketahui, bertindak sebagai pemohon dalam gugatan tersebut adalah Ketua DPD Partai Nasdem yang juga menjabat Ketua DPRD Lebong, Teguh Raharjo Eko Purwoto dan Sekretaris DPD Partai Nasdem Lebong, Erpin Sani. (MY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here