AAI, LBH Respublica, dan IAIN Bengkulu MoU Pelaksanaan PKPA

0
246

BengkuluKito.Com, – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) Bengkulu, bersama Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Respublica dan IAIN Bengkulu, Selasa (30/10/2018) menandatangani MoU (nota kesepahaman) pelaksanaan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA).

Kegiatan ini digelar di ruang rapat Fakultas Syariah IAIN Bengkulu.

Saat penandatanganan MoU oleh Ketua DPC AAI (tengah), Direktur LBH Respublica (kiri) dan Dekan Fakultas Syariah IAIN Bengkulu (kanan).

Kata Ketua DPC AAI Bengkulu, Firnandes Maurisya, penandatanganan tersebut merupakan langkah awal, dan berharap semoga bisa berkesinambungan kedepannya.

“Nanti akan ada pembagian kerja antara pihak IAIN Bengkulu dan AAI. Semoga setelah penandatanganan ini, akan lebih banyak alumni IAIN yang mengikuti pendidikan advokat,” ujarnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Syariah IAIN Bengkulu, Imam Mahdi mengungkapkan penandatanganan MoU ini ditujukan untuk merintis Program Advokasi, dengan melakukan kerjasama dengan LBH Respublica dan AAI.

Dirinya juga berharap, semoga kedepan Fakultas Syariah IAIN Bengkulu bisa memprogramkan dengan membuat SKS dan prodi baru.

“Kami sudah merencanakan untuk merintis program studi advokat. Karena sesuai Undang-Undang, perguruan tinggi boleh membuat program-program advokasi. Setelah penandatanganan MoU ini akan ada tindak lanjutnya,” terangnya.

Disisi lain, Direktur LBH Respublica, Irfan Yudha Oktora menambahkan jika kegiatan ini dibuat lantaran kebutuhan regenerasi dengan mengkosentarasikan tentang bantuan hukum.

Gunanya, sambung Irvan, agar LBH tetap eksis kedepannya dengan orang-orang selanjutnya dan Paralegal yang sudah mengabdikan diri untuk orang-orang yang tidak mampu.

“Kami nanti akan membuat sekolah bantuan hukum untuk mempersiapkan orang yang belum sarjana hukum, atau orang yang bukan dengan latar belakang pendidikan hukum akan tetapi tertarik dengan advokasi dan ingin mengabdikan diri di LBH,” jelasnya. (CW2)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here