Menkumham RI Resmikan Lapas Perempuan Bengkulu

0
241

BengkuluKito.Com, – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna Laoly meresmikan Lembaga pemasyarakatan (Lapas) perempuan usai memberi pembekalan tugas dan fungsi Kemenkumham disalah satu hotel di Bengkulu, Senin (15/10/2018).

Menkumham tiba di Lapas perempuan sekitar pukul 13.00 WIB dan disambut antusias oleh Kepala Lapas perempuan kelas II B Sri Azria Nita, beserta jajarannya.

Nita mengatakan, Lapas Perempuan langsung akan beroperasi setelah selesai akhir bulan Oktober 2018.

“Bangunan ini sekarang baru berjalan 94 persen dan nanti apabila sudah mencapai 100 persen akan langsung beroperasi sekaligus memindahkan tahanan perempuan dari Lapas Bentiring,” ucapnya.

Untuk peraturan di Lapas Perempuan, kata Nita, tidak jauh berbeda dengan Lapas umumnya laki-laki.

Hanya saja, di Lapas Perempuan ini juga ditambahkan peraturan seperti dilarang merokok, dilarang menggunakan pakaian sexy serta harus taat beribadah atas kepercayaan agama yang dianut.

“Untuk Lapas Perempuan hanya menampung tahanan Kota Bengkulu dan yang sudah ada disini berjumlah 5 orang. Jika sudah selesai pembangunannya maka 95 tahanan Kota Bengkulu langsung dipindahkan kesini,” jelasnya.

Untuk sekarang belum ada tahanan kabupaten yang akan dipindahkan kesini, akan tetapi jika ada perintah pemindahan kesini akan segera dijalankan.

“Lapas khusus perempuan II B ini memiliki dua Blok yakni Blok A yang terdiri 8 kamar dan Blok B ada 7 kamar,” tutupnya.

Disisi lain, Menkumham Yasonna Laoly sempat berpesan kepada seluruh personil Lapas Perempuan untuk bekerja dengan sunguh-sungguh dan konsisten.

Diketahui, dalam acara peresmian tersebut digelar secara simbolis penandatanganan monumen oleh Menteri Hukum dan HAM. (CW2)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here