JPKP Bengkulu dampingi Pasien Operasi Katarak DINKES di RSUD M.Yunus

0
114

BengkuluKito.Com,- Menyambut HUT Emas Propinsi Bengkulu ke-50, Dinas Kesehatan Propinsi Bengkulu tengah menyelenggarakan kegiatan operasi katarak bagi masyarakat miskin atau tidak mampu di Rumah Sakit M.Yunus hari ini.(12/10/2018).

Dalam kegiatan tersebut, Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Propinsi Bengkulu bersama pengurus didaerah ikut mendapingi kegiatan tersebut, salah satunya membantu masyarakat penderita katarak didesa-desa yang ekonominya tidak mampu untuk bisa mendapatkan kesempatan.

“Kami dari relawan JPKP Propinsi dan daerah ikut membantu mensukseskan kegiatan ini sekaligus membantu masyarakat kita yang dari daerah dan tidak mampu untuk operasi penyakit kataraknya bisa mendapat kesempatan operasi di RSUD M.Yunus” ujar Ketua JPKP Propinsi Bengkulu Jontua Manik.

Dari ratusan peserta yang mendaftar, tidak semuanya dapat langsung operasi, karena pasien harus diperiksa terlebih dahulu untuk menentukan apakah langsung dioperasi atau belum. Hal ini dijelaskan oleh Junaidi Hamid Ketua DPD JPKP Kabupaten Bengkulu Selatan.

“Yang hadir dari JPKP untuk operasi katarak ini saya sendiri, kalo dari JPKP Bengkulu Selatan kami bawa 4 orang, dari 4 orang tersebut setelah diperiksa hanya 2 orang yang bisa langsung operasi sedangkan 2 orang lagi belum bisa karena 1 orang tensi darahnya sedang naik dan 1 orang harus menunggu 6 bulan lagi karena kataraknya masih muda” jelas Junaidi Hamid.

Ketua DPD JPKP Kabupaten Kaur Widi Hartono juga menambahkan, JPKP Kaur membawa 2 orang calon pasien dan sudah didaftarkan. Saat ini sedang antrian untuk pemeriksaan.

“Kalo untuk usulan peserta dari JPKP Kabupaten Kaur kita membawa 2 orang pasien dari kaur dan saat ini sedang antri pemeriksaan kesehatan sebelum operasi, mereka ini berasal dari masyarakat kaur yang tidak mampu operasi, jadi kita dampingi dan bawa kesini” tambah Widi Hartono di lokasi RSUD M.Yunus.

Untuk peserta dari Kota Bengkulu, Ketua DPD JPKP Kota Bengkulu M.Ropa menjelaskan dari Kota Bengkulu JPkP mendampingi 4 orang dan saat ini masih antrian pendaftaran dan pemeriksaan kesehatan.

Disamping ketua-ketua JPKP Kabupaten/kota, hadir pula dalam kegiatan ini relawan dan pengurus JPKP dari DPW JPKP Propinsi Bengkulu antara lain  Ibu Mai, Amran, Budi, Santi dan lainnya, mereka juga mendampingi dalam penyiapan administrasi dan membantu dalam pelayanan masyarakat yang dibawa dari daerah.

“Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada Gubernur, Dinas Kesehatan dan Pihak RSUD M.Yunus yang menyelenggarakan kegiatan operasi katarak ini, selaku organisasi yang mendorong program nawacita presiden dalam kebijakan dan pembangunan baik nasional maupun didaerah, kita akan support dan membantu terus agar program itu sukses dan terlaksana” tutup Jontua Manik melalui WA-nya.

Disamping pasien dari pendampingan JPKP, lebih banyak juga usulan dari pendamping kesehatan dari daerah. Mereka yang hadir dan mendaftar dalam kegiatan Dinas Kesehatan Propinsi Bengkulu mendengar dari puskesmas dan ada juga dari kabar keluarga yang terkonfirmasi ke rumah sakit M.Yunus. (CW2)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here