S1 Perpus Unib Gelar Seminar Kearsipan Era Digital

0
58

Bengkulukito.Com, – Jurusan S1 Perpustakaan Universitas Bengkulu, Rabu (10/10/2018) menggelar Seminar Nasional yang bertemakan ‘Kearsipan, pengelolaan Arsip dan Masa Depan Arsip di Era Digital.

Seminar ini dilaksanakan di Lantai 3 Gedung Pascasarjana fakultas ISIP (ilmu sosial dan ilmu politik) Universitas Bengkulu.

Adapun latar belakang pelaksanaan seminar ini yaitu karena perkembangan teknologi informasi dengan kecepatannya di era digital kini telah membawa dampak yang esensial dalam bidang Kearsipan.

Pengelolaan arsip berbasis kertas yang sebelumnya menjadi konsentrasi dengan segera digantikan oleh format elektronik.

Di era digital, pengelolaan arsip elektronik menjadi tren sekaligus fokus pengembangan pengelolaan dalam banyak institusi.

Seminar Kearsipan ini diisi oleh pemateri yang sangat sangat handal mengenai Kearsipan yaitu Dr. Taufik Asmiyanto yang merupakan Dosen Prodi S1 Perpustakaan Universitas Indonesia.

Wakil Dekan bidang akademik fakultas ISIP Hajar Gelis Pramudiyasmono mengatakan bahwa dengan adanya seminar ini dapat menjadi forum untuk membangun akademik FISIP yang lebih bagus, serta mendorong mahasiswa agar terbiasa dengan forum-forum ilmiah.

“Sehingga wawasan mahasiswa semakin luas, dan mahasiswa tidak hanya belajar secara teoritis juga perlu adanya wawasan,” ujar Hajar.

Hajar juga berharap, kedepannya seminar seperti ini dapat dilanjutkan karena ini penting agar tidak ketinggalan dibandingkan dengan universitas lainnya.

“Dengan adanya seminar ini kita bisa meningkatkan akreditasi prodi, karena paling tidak untuk meningkatkan akreditasi ini dilihat siapa yang pernah hadir di Unib,” terangnya.

Hal-hal semacam ini memang diperlukan, sambung Hajar, supaya asumsinya semakin terbuka. Kalau tidak ada kegiatan seperti ini maka akreditasinya menjadi rendah.

Disisi lain, Koordinator Humas Seminar Kearsipan, Rastra Sewakottama menerangkan bahwa Zaman sekarang arsip itu sangatlah penting.

Karena, sebagai mahasiswa yang akan mendapatkan pekerjaan yang berada di Instansi-Instansi kearsipan sangatlah penting untuk kamajuan negara, serta mempunyai banyak fungsi.

“Oleh Karena itu sekarang arsip tidak hanya berbentuk benda saja tetapi sudah ada dalam digital, audio, video, visual, dan juga online,” jelasnya.

Rastra menambahkan, seminar ini diadakan juga bertujuan sebagai sumber pemberitahuan bahwa arsip sekarang sangatlah penting untuk perkembangan instansi.

“Di seminar ini juga ada pelatihan Arsip-arsip di era digital, serta untuk mempromosikan jurusan S1 Perpustakaan,” ungkapnya.

Terhimpun, Seminar Kearsipan ini dihadiri tidak hanya yang berasal dari Kota Bengkulu saja, tetapi dari Kabupaten dan luar Kota Bengkulu. Peserta seminar yang paling jauh berasal dari Pagar Alam sekitar 51 orang. Total yang mengikuti seminar sekitar 166 peserta. (CW2)

Leave a Reply