Dishub launching ‘Trans Rafflesia Bengkulu’

0
89

BengkuluKito.Com, – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bengkulu melaunching sebanyak 5 Unit Bus Rapaid Transit (BRT) ‘Trans Rafflesia Bengkulu’, sekira pukul 08.00 WIB bertempat di depan Sport Center Pantai Panjang Bengkulu, Minggu (7/10/2018).

Kata Kepala Dishub Provinsi Bengkulu, Bambang Budi Jatmiko, BRT ini merupakan angkutan yang melayani penumpang dari pusat kota hingga ke kabupaten lain yang saling terhubung dan berkesinambungan.

BRT inj, terang Bambang harus melayani kebutuhan akan jasa transportasi darat untuk angkutan massal bagi seluruh lapisan masyarakat Provinsi Bengkulu serta mampu menjangkau seluruh kawasan perkotaan dalam wilayah Provinsi Bengkulu secara handal dan berkelanjutan.

Ditambahkannya, hal ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan aksesbilitas dan konektivitas di Provinsi Bengkulu guna mendukung perkembangan dan kemajuan ekonomi masyarakat.

“Kelima BRT ini merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan RI pada tahun 2018,” ucapnya.

Budi mengungkapkan, Dishub juga telah menetapkan 3 koridor yang berada di Kota Bengkulu dengan dua kabupaten penyangga yakni Kabupaten Seluma dan Bengkulu tengah (Benteng).

Namun, sambung Budi, lantaran keterbatasan armada BRT saat ini baru satu koridor yang akan mulai beroperasi yakni Koridor 1 dengan rute Betungan – Pasar Pedati Kabupaten Benteng.

“Mengingat keterbatasan armada bus yang belum memadai, pengoperasian bus Trans Raflesia Bengkulu ini diprioritaskan pada koridor 1,” ungkapnya.

Dengan pertimbangan bahwa rute pada koridor ini melintasi daerah-daerah wisata, lanjut Budi, diharapkan dapat melayani masyarakat Provinsi Bengkulu kearah tujuan-tujuan wisata.

“Hal ini diharapkan juga bisa mendukung program Pemerintah Provinsi Bengkulu yaitu Visit Wonderfull Bengkulu tahun 2020,” jelasnya.

Masih menurut Budi, BRT tersebut juga sebagai persembahan kepada masyarakat dalam rangka peringatan hari ulang tahun emas Provinsi Bengkulu yang ke-50. Untuk sementara BRT ini digratiskan.

“Pelayanan transportasi BRT ‘Trans Raflesia Bengkulu’ tahun 2018 sementara ini kita gratiskan,” tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut, tampak hadir Asisten Perekonomian dan pembangunan Pemprov Bengkulu, Yuliswani yang meresmikan launching BRT dengan prosesi pemotongan pita dan pemecahan kendi.

“Kehadiran BRT ini bisa menjadi mode transpotasi yang nyaman, aman, dan terjangkau bagi masyarakat di Provinsi Bengkulu,” ujarnya.

Diketahui, kegiatan tersebut juga tampak dihadiri Kadis Dikbud Provinsi Bengkulu Budiman Ismaun, Kepala Dishub Provinsi Bengkulu, Direktur Utama Damri, Perwakilan Kapolda Bengkulu, Perwakilan Dirjen Perhubungan Darat, serta OPD Pemprov Bengkulu lainnya. (CW2)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here