Tiba di Mapolda Metro Jaya, Ratna Sarumpaet Akan Diperiksa Sebagai Tersangka

0
228

BengkuluKito.Com, – Perkembangan diamankannya Ratna Sarumpaet dari rencana keberangkatan ke Santiago, Chilie. Akhirnya telah tiba di Mapolda Metro Jaya sekitar pukul 22.15 WIB.

Setibanya disana, Ratna langsung digelandang ke Direktorat Reskrim bersama seorang perempuan muda.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Kasubdit Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono, pihaknya membenarkan adanya penangkapan tersebut.

“Iya benar, Ratna Sarumpaet oleh penyidik telah diamankan setelah adanya Laporan Polisi. Sekarang dilanjutkan dengan proses penyelidikan dan mengumpulkan bukti-bukti untuk keterangan, pemeriksaan bukti dan saksi-saksi, termasuk dokter yang merawat,” ujarnya.

Setelah itu, sambung Argo, penyidik melakukan gelar perkara untuk dilanjutkan ketahap penyidikan dan penetapan tersangka atas keterangan palsu dan penyebaran Hoax yang diduga dilakukan oleh Ratna Sarumpaet yang menyatakan dianiaya sejumlah orang, meskipun dirinya sendiri telah meminta maaf melalui konfrensi pers.

Ditambahkan Kombes Argo Yuwono, proses penangkapan ini dilakukan dengan melalui proses yang benar.

“Setelah ditetapkan sebagai tersangka dengan ancaman Pasal 14 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan juga Undang-Undang ITE Pasal 28, kita juncto-kan ke Pasal 45. Ancamannya itu 10 tahun penjara,” urai Kabid Humas Polda Metro ini.

Dari tahapan tersebut, penyidik Polda Metro Jaya akan melanjutkan ketahapan penyidikan dan melakukan langkah-langkah taktis.

“Selanjutnya penyidik melakukan koordinasi dengan mengirimkan surat permohonan cekal ke pihak Imigrasi karena ada informasi ibu Ratna Sarumpaet akan berangkat keluar negeri ke Santiago Chilie dengan transit melalui Turkey menggunakan pesawat Turkeys Airline” terang Kombes Argo Yuwono.

Baca juga : Ratna Sarumpaet diamankan Imigrasi dan Polda Metro Jaya

Saat tiba di Mapolda Metro Jaya,  menurut Kombes Argo Yuwono tindakan penyidik untuk ibu Ratna Sarumpaet menunggu proses selanjutnya yakni pemeriksaan tersangka.

“Saat ini kami sedang menunggu pihak kuasa hukum ibu Ratna Sarumpaet untuk dilakukan pemeriksaan sebagai tersangka. Kami saat ini baru mengeluarkan Surat Penangkapan untuk masa 1 X 24 Jam, kita lihat perkembangan besok apakah penyidik akan melanjutkan ke penahanan,” tutup Argo Yuwono.

Untuk diketahui, Ratna Sarumpaet dan beberapa orang lainnya telah dilaporkan oleh Farhat Abbas dan pelapor lainnya atas dugaan penyebar hoax yang bisa dijerat dengan Pasal 14 dan 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana atau UU ITE. (CW2)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here