BMKG : Masyarakat Bengkulu Jangan Panik

0
76

BengkuluKito.Com, – Menanggapi isu postingan yang ramai diperbincangkan masyarakat dan tersebar dimedia sosial terhadap isu gempa dan tsunami di Provinsi Bengkulu. Akhirnya, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu, Sudiyanto angkat bicara.

Kata Sudiyanto, gelombang di pantai Provinsi Bengkulu sekitar 1.5 meter – 2.5 meter sampai tanggal 7 Oktober mendatang dan tergolong aman.

“Memang beberapa bulan belakangan gelombang pantai di Bengkulu mencapai 4 meter – 6 meter. Namun gelombangnya itu merupakan gelombang pasang karena faktor tekanan suhu dan tidak menimbulkan tsunami,” ujarnya, Selasa (2/10/2018).

Selain itu, Sudiyanto juga menghimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir karena BMKG memiliki 2 sirine TWS yang menjadi warning bila potensi akan terjadi gempa yang berpotensi tsunami.

“Kedua sirine tersebut tersebar di KSP Limas dan Sport Center Kota Bengkulu,” terangnya.

Masih Sudiyanto, kedua sirine tersebut sebagai pendeteksi tsunami, artinya ada peringatan apabila akan terjadi tsunami dan akan diawali gempa terlebih dahulu.

“Jadi masyarakat jangan khawatir, sirine tersebut juga akan dioperasikan setiap tanggal 26 untuk pemeliharaan dan jika terjadi gempa yang berpotensi tsunami baru akan dihidupkan,” pungkasnya. (MY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here