Pemkot Buang Kesempatan Pelamar CPNS

0
292

BengkuluKito.Com, – Terkait pembatalan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu mendapat respon dari berbagai pihak. Seperti Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Diah Irianti.

Menurutnya, kebijakan yang diambil Pemerintah Kota tersebut mengakibatkan peluang pelamar di Provinsi Bengkulu berkurang. Sebab peluang tersebut merupakan kesempatan besar untuk pelamar khusunya putra-putri di Kota Bengkulu.

“Ya, Pemkot membuang kesempatan bagi anak-anak kita di Kota Bengkulu, bagi yang sudah terlanjur daftar kemaren ya kasihan juga,” ujarnya, Senin (1/10/2018).

Kendati Demikian, Diah mengungkapkan semua kebijakan tersebut merupakan kewenangan dari masing-masing kepala daerah sebagai pembina kepegawaian dan keputusan tersebut tidak mengurangi kuota di Kabupaten/Daerah.

“Itu sudah menjadi kebijakan pembina kegawaiannya. Apapun itu, wajib diterima dan perlu diketahui tidak berpengaruh di daerah karena masih tetap seperti semula,” jelasnya.

Pelaksanaan tekhnis dalam penerimaan CPNS nantinya, kata Diah, untuk sementara masih ditanggal 20 Oktober 2018. Namun pihaknya masih terus menunggu perkembangan selanjutnya.

“Untuk sementara masih ditanggal 20 ya, tapi kita terus menunggu perkembangannya” pungkas Diah Irianti.

Sebelumnya, masyarakat Kota Bengkulu sempat dibuat heboh dan menimbulkan pro kontra ditengah Masyarakat. Pasalnya Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu secara mengejutkan mengajukan surat ke-Menpan RB RI tentang pembatalan penerimaan CPNS tahun 2018 yang sebelumnya diketahui sudah mengajukan kebutuhan PNS.

Alasan pembatalan dalam surat yang ditanda tangani Wakil Walikota yang baru dilantik, Dedy Wahyudi, disebabkan karena rasio pegawai dilingkungan Kota Bengkulu sudah cukup dan banyaknya pegawai negeri sipil yang pindah masuk.

Selain itu, Pemkot juga mengungkapkan bahwa beban APBD Kota Bengkulu untuk belanja pegawai mencapai 55 persen dan memberatkan Pemerintah Kota Bengkulu. Kemudian, alasan lain yakni daya dukung dana untuk melaksanakan penerimaan CPNS 2018 tidak mencukupi. (MY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here