BPOM RI Sebut Kopi Bubuk Mudah Terbakar Tidak Berbahaya

0
93

BengkuluKito.Com, – Terkait video yang beredar di media sosial dan sempat menghebohkan masyarakat tentang salah satu merek bubuk kopi yang mudah terbakar. BPOM RI melalui Kepala BPOM Provinsi Bengkulu, Sarifudin T akhirnya bicara.

Sarifudin menyebutkan, tidak semua produk yang mudah terbakar tersebut berbahaya. Sebab semua produk seperti yang ditunjukkan di dalam video itu telah mendapatkan izin legal dengan melalui tahapan-tahapan yang panjang.

“Jadi, kita jamin produk yang ada didalam video itu tidak berbahaya. Kita sudah melakukan uji coba, bila diletakkan diapi maka akan terbakar. Sebab produk tersebut mengandung karbohidrad, berpori, kadar airnya rendah, mengandung kopi, serbuknya halus, mengandung cream, serta mengandung minyak nabati yang bisa dikonsumsi untuk pangan,” ujarnya Senin (1/910/2018).

Sebelumnya, kata Sarifudin BPOM RI melakukan evaluasi keamanan, mutu dan gizi pangan termasuk terhadap semua bahan yang digunakan untuk pembuatan olahan-olahan sebelum pangan tersebut diedarkan dan diberikan nomor izin edar.

“Kita tegaskan, apabila produk tersebut sudah memiliki izin edar dari BPOM RI, maka produk itu sangat aman untuk dikonsumsi masyarakat, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir,” jelasnya.

Sementara itu, BPOM RI mengajak masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas dengan selalu melakukan cek “Klik” (Kemasan, Label, Izin Edar dan Kadaluarasa) sebelum membeli dan mengonsumsi produk obat dan makanan. Kemudian, pastikan kemasan dalam kondisi baik.

“Kami mengajak masyarakat agar jangan terlalu cepat yakin dan percaya terhadap informasi yang belum tentu kebenarannya, berfikirlah secara positif dan jangan mau dipecah belah,” himbaunya. (MY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here