Potensi SAR Bengkulu Raih Medali Perak dan Perunggu Se-Indonesia

0
279

BengkuluKito.Com, – Torehan prestasi kembali diraih putra terbaik Bengkulu. Kali ini berasal dari Tim Potensi SAR Kantor Basarnas Provinsi Bengkulu yang berhasil meraih medali perak dan perunggu dalam perlombaan Station Prusiking dan Station MAR yang digelar Basarnas pusat di Bumi Perkemahan Wisata Cibubur Jakarta Timur.

Kegiatan Jambore SAR Nasional ini sendiri diikuti oleh 463 peserta yang berasal dari Sabang-Merauke. Terdiri dari 38 Kantor Basarnas se- Indonesia, dan diikuti peserta potensi SAR yang berasal dari berbagai instansi seperti TNI, Polri, Mapala, BPBD, dan lainnya.

Kata salah satu anggota tim potensi SAR Bengkulu yang berjumlah delapan orang, Meidho Satriawan, perlombaan Station Prusiking itu adalah bentuk penyelamatan dengan menggunakan media tali.

Bentuknya kegiatannya, menaiki atau memanjat seutas tali (Carmantel) dengan bantuan dua tali kecil (Prusik) beserta peralatan yang mendukungnya

“Lomba itu dilaksanakan oleh Kantor Basarnas pusat berkoordinasi dengan Kantor SAR dari Sabang – Merauke,” tulisnya, Jum’at (28/9/2018) melalui pesan WhatsApp.

Kegiatan tersebut langsung dibuka oleh Kepala Badan SAR Nasional, Marsekal Muda M. Syaugi.

“Seharusny dibuka oleh presiden, tapi berhubung presiden sekarang lagi cuti kampanye jadi beliau tidak jadi membuka acara,” ungkap Meidho, yang juga tercatat sebagai salah satu mahasiswa Pasca Sarjana Fakultas Hukum Universitas Bengkulu (Unib).

Ditambahkan Meidho, selain perak timnya juga meraih juara 3 dengan hadiah medali perunggu dalam perlombaan Station Mechanical Advantge System (MAS).

Station Mas itu bentuk perlombaan berupa penyelamatan korban dengan menggunakan sistem yang didukung oleh peralatan panjat tebing,” jelasnya yang juga salah satu Anggota Luar Biasa (ALB) Mahasiswa hukum pecinta alam (Mahupala) Unib.

Diketahui, acara tersebut dilaksanakan dari tanggal 20-27 September 2018. Sedangkan untuk perlombaannya dimulai dari tanggal 25-26 September.

Sebelum perlombaan dilaksanakan, ada beberapa acara yang diisi diantaranya Mini games, Senam, Kesamaptaan, Sharing, dan juga ramah tamah sesama potensi SAR se-Indonesia.

Adapun perlombaannya berupa MAS, Prusiking, Slop Evacuation, MFR, dan Fitnes Deriil. (CW2)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here