Inovatif, Mahasiswa Unib Sulap Kulit Nanas Jadi Sirup

0
119

BengkuluKito.Com, – Inovasi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode 85 Universitas Bengkulu ini patut diacungi jempol. Pasalnya, kulit nanas kebanyakan yang dianggap tidak mempunyai khasiat ternyata bisa diolah menjadi sirup yang menyegarkan.

Sirup yang diberi nama MJ ini merupakan hasil olahan yang terbuat dari sari kulit nanas asli, asam sitrat, natrium benzoat, gula, serta garam.

Meskipun terdengar rumit ternyata cara pengelolahannya terbilang mudah dan sederhana. Mulai menyiapkan bahan baku, membersihkan kulit nanas dari bulu kulit nanas hingga bersih agar getahnya hilang. Sampai menghaluskan kulit nanas dan menambahkan sedikit air agar mudah tercampur.

Kemudian, masak sari kulit nanas hingga mendidih dan mengental , lalu baru tambahkan gula, prisa makanan dan asam benzoat serta citrun. Tahap akhir yakni aduk hingga rata sampai mendidih lalu didinginkan.

Kata Aulia Ayu Wulandari anggota kelompok 253 Desa Marga Jaya Bengkulu Utara sekaligus salah satu pencipta sirup tersebut bahwa ide untuk mengelolah kulit nanas hingga menjadi sirup berawal dari masyarakat dilokasi tempat mereka melangsungkan KKN dan selanjutnya melakukan percobaan dengan menanam buah nanas.

Setelah berhasil, warga setempat hanya mengolah isi buah nanas tersebut untuk menjadi keripik. Namun banyak kulitnya yang dibuang dan tidak dimanfaatkan.

“Berawal dari sana, ide dari teman-teman muncul bahwasanya selain isi buah nanas memiliki manfaat, bagaimana caranya kulit nanas tersebut bisa dimanfaatkan agar tidak mubazir dan memberi nilai tambah penghasilan untuk masyarakat,” ujarnya, Jum’at (28/9/2018).

Disamping itu, Aulia juga menjelaskan khasiat dari kulit buah nanas sendiri. Katanya mengandung Vitamin A dan C sebagai antioksidan, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa dan enzim bromelain. Bromelain berkhasiat sebagai Anti radang, membantu melunakkan makanan dilambung serta menghambat sel kanker.

“Sirup kulit nanas ini tidak akan menimbulkan rasa gatal ditenggorokan saat diminum. Harapan kami juga produk ini bisa dikenal hingga tingkat nasional,” harapnya. (MY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here