Gempa 7,7 SR Guncang Doggala Sulawesi Tengah

0
108

BengkuluKito.Com, – Gempa berkekuatan besar kembali terjadi di Indonesia. Kali ini terjadi di Donggala Sulawesi Tengah, Jum’at (28/9/2018) petang sekira pukul 17.02 WIB.

Berdasarkan press realease Badan Meteorologi dan Geofisika No. UM.505/9/D3/IX/2018 bahwa gempa bumi berpusat di 26 km Utara Donggala Provinsi Sulawesi Tengah.

Menurut hasil dari permodelan tsunami BMKG, gempa bumi tersebut berpotensi dengan level tertinggi Siaga di Donggala barat dengan estimasi ketinggian gelombang tsunami 0,58 meter dan estimasi waktu tiba 17.22 Sehingga BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami.

Setelah dilakukan pengecekan terhadap hasil observasi tide gauge di Mamuju, tercatat adanya perubahan kenaikan muka air laut setinggi 6 cm pukul 17.13 WIB.

Berdasarkan hasil update mekanisme sumber data yang bertipe mendatar (strike slip) dan hasil observasi ketinggian gelombang tsunami, dan telah terlewatinya perkiraan waktu kedatangan tsunami, maka peringatan dini tsunami diakhiri pukul 17.36 WIB.

Kemudian, dari hasil mentoring BMKG hingga pukul 18.21 WIB, telah terjadi tujuh kali gempa susulan. Sementara itu dampak kerusakan sementara yang diakibatkan gempa bumi berdasarkan laporan dari BPBD Kabupaten Donggala tercatat 1 orang meninggal dunia, 10 orang luka-luka dan puluhan rumah rusak. (MY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here