Evaluasi PBB, Bapenda Kumpulkan Camat dan Lurah Se-Kota Bengkulu

0
93

BengkuluKito.Com, – Dalam rangka evaluasi target dan realisasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Kota Bengkulu 2018 yang baru mencapai sekitar 50 persen, Kamis (27/9/2018), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) mengumpulkan camat dan lurah se-Kota Bengkulu.

Kata Kepala Bapenda Kota Bengkulu, Hadianto, acara ini dilaksanakan dalam rangka evaluasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Kota Bengkulu.

“Kita mengumpulkan lurah dan camat yang mana saat ini kita melihat target PBB itu baru mencapai sekitar 50 persen,” ujarnya.

Jadi, sambung Hadianto, dengan dikumpulkannya camat dan lurah ini kedepannya mudah-mudahan dapat memacu mereka.

“Tadi disampaikan oleh Wakil walikota Bengkulu, Dedi Wahyudi, bagaimana cara atau teknik kita untuk bisa meningkatkan atau wajib pajak ini sadar untuk membayar PBB,” ungkapnya.

Hadianto menambahkan, ditahun 2018 ini sesuai aturan pemberian reward atau penghargaan itu tidak boleh lagi, yang ada saat ini adalah pembagian kopelan atau kupon.

“Untuk yang membagikan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) PBB dari RT ke masyarakat, nilai untuk setiap kopelan atau kupon itu Rp. 1.500. Kalau untuk kelurahan Rp. 1000/lembar,” bebernya.

Disinggung rencana Wawali yang akan memberi reward bagi lurah atau camat? Hadianto menjawab, “apa yang disampaikan Wawali tadi kita menyambut baik dan sangat mendukung sekali. Karena apa yang Wawali sampaikan tadi wajar kalau memang salah satu kecamatan atau lurah itu bisa mencapai target 100 persen atau paling tidak 95 persen,” terangnya.

Sehingga camat yang lain nantinya, sambung Hadianto, berlomba-lomba bagaimana caranya bisa meningkatkan pajak daerah PBB ini.

“Reward nya itu bisa jadi dalam bentuk study banding atau bentuk lainnya. Istilahnya itu bukan reward, tapi penghargaan atau prestasi yang mereka capai karena PBB nya mencapai 95 persen. Jadi nanti kita ajak study banding baik lurah maupun camat yang memang mencapai targetnya,” demikian Hadianto. (CW2)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here