Tingkatkan PAD, Pemkot Bengkulu Gandeng KPK

0
29

BengkuluKito.Com, – Guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu berencana menggandeng lembaga antirasuah, KPK RI.

Hal tersebut disampaikan Wakil walikota Bengkulu, Dedi Wahyudi, usai rapat paripurna penyampaian nota keuangan APBD Perubahan 2018 di Gedung DPRD Kota Bengkulu.

Kata Dedi, dirinya dilantik sudah beberapa hari lalu dan sekarang hari kedua bekerja.

“Di APBD Perubahan ini kami berharap kepada anggota dewan terhormat untuk mengakomodir visi misi dari Helmi-Dedi karena kami ini sudah berada di ujung. Mudah-mudahan poin-poin yang kami sampaikan dalam nota keuangan pengantar tadi bisa dikabulkan dan disetujui oleh dewan,” ujarnya.

Intinya, sambung Dedi, pihaknya berharap dewan bisa mengakomodir hal tersebut dan tentunya bisa melihat aspirasi masyarakat karena apa yang disampaikan itu juga bersumber dari aspirasi masyarakat. Mudah-mudahan bisa diterima.

Memang di 100 hari kerja ini, lanjut Dedi, pihaknya akan fokus dengan peningkatan pendapatan daerah karena jika PAD itu bisa mensupport anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Insha Allah akan lebih longgar untuk pembelanjaan.

“Oleh karena itu, Bappeda selama 100 hari kerja ini akan meningkatkan PAD salah satunya adalah bekerjasama dengan KPK khusunya bagian Koordinasi, Supervisi dan Pencegahan (Kopsurgah),” paparnya.

Ditambahkan Dedi, nanti itu akan ada namanya Tapping Box atau alat perekam segala transaksi di beberapa hotel dan restoran yang dinilai usahanya sudah menengah keatas dan itu nanti pajak hotel dan restorannya akan terakumulasi secara langsung dan masuk ke APBD.

Artinya, terang Dedi, ini salah satu strategi. Kedua adalah meningkatkan pendapatan dari pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

“Karena itu kami mengimbau kepada masyarakat Kota Bengkulu, pembangunan yang dilaksanakan oleh Helmi Hasan di periode pertama lalu soal jalan mulus dan rumah sakit itu salah satu sumbernya dari PBB. Oleh sebab itu, mari kita bersama meningkatkan kesadaran membayar PBB untuk pembangunan di Kota Bengkulu,” pungkasnya. (CW2)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here