Plt Gubernur Bengkulu Sebut Program Reforma Agraria Itu Berhasil

0
37

BengkuluKito.Com, – Menanggapi salah satu tuntutan massa mahasiswa Unib dan Forum Petani Bersatu (FPB) terkait reforma agraria di peringatan Hari Tani Nasional, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menegaskan bahwa program reforma agraria itu sesungguhnya berhasil.

“Saya menyambut baik aspirasi dari masyarakat, semua kalangan apalagi dari mahasiswa. Saya katakan program reforma agraria itu sesungguhnya program yang berhasil. Itu yang ditunggu-tunggu dan dirasakan betul manfaatnya oleh masyarakat,” tegasnya usai melantik Walikota dan Wakil walikota terpilih, di Gedung Serbaguna Pemprov, Senin (24/9/2018).

Terutama, program pendaftaran tanah secara sistematis. Itu yang dikenal sebagai Prona.

“Ribuan itu, masyarakat sangat senang sekali. Lahan transmigran yang selama ini tidak bersertifikat sekarang sudah disertifikatkan dan diberikan secara gratis,” terangnya.

Soal redistribusi lahan, sambung Rohidin, Kampung Nelayan itu bentuk redistribusi lahan dan itu reforma agraria. Jadi, melalui pemerintah tanah negara itu diredistribusi diserahkan kepada masyarakat. Itu reforma agraria namanya.

“Namun kalau persoalan masih banyak HGU bermasalah, itukan proses panjang masa lalu yang sekarang kita coba sama-sama ditata,” ucapnya.

“Point selanjutnya yang ingin saya katakan, reforma agraria itu berhasil. Dicek kok dengan masyarakat, bermanfaat nggak? Boleh tanya dengan masyarakat,” imbuhnya.

Terkait dengan pelepasan status kawasan, Rohidin menjawab, “banyak kok yang kita usulkan cepat sekali turunnya. Kita minta turunkan status kawasan pantai panjang. Sekarang kita memproses penurunan status Danau Dendam Tak Sudah,” paparnya.

Termasuk Ring road dari Air Sebakul tembus ke Nakau itu, lanjut Rohidin, Alhamdulillah sudah mendapat persetujuan.

“Tiga tahun kita menunggu untuk mendapatkan itu dan tahun ini akan dibangun sehingga Ring Road Kota Bengkulu akan selesai. Apa itu? Itulah reforma agraria,” pungkasnya. (CW2)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here