28 Anggota HMI Ditahan, GMNI dan PMKRI Siap Turun ke Jalan

0
74

BengkuluKito.Com, – Rentetan atas bentrok yang terjadi Selasa (18/9/2018) sore, antara massa HMI Cabang Bengkulu dengan pihak kepolisian mengakibatkan 28 anggota HMI ditahan di Mapolda Bengkulu. Hal tersebut mendapat simpati dan dukungan dari aktivis lainnya yakni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI).

Kata Koordinator aksi HMI Bengkulu, Zelig Ilham Hamka, arogansi beberapa oknum kepolisian memanfaatkan kekuatan yang ada padanya mengenyampingkan prosedural pengawalan aksi demonstrasi. Telah secara sepihak mengambil tindakan kekerasan dalam membubarkan massa.

Demonstrasi sebagai bagian dari menyatakan pendapat yang dijamin dalam negara demokrasi, lanjut Zelig, hendaknya ditangani dan dikawal secara profesional tanpa menimbulkan korban seperti yang terjadi pada hari ini.

“Kami sangat geram melihat tindakan aparat yang digaji atas uang rakyat yang menempatkan ketidakprofesionalan pengawalan dalam menyampaikan aspirasi mahasiswa,” ucapnya.

“Berkenaan dengan aksi damai HMI tersebut, yang berakhir dengan tindakan represif aparat kepolisian Bengkulu kepada peserta aksi HMI Cabang Bengkulu mengakibatkan 8 orang luka serius dan 37 orang luka ringan, serta 28 anggota HMI ditahan di Mapolda Bengkulu hingga pada malam hari ini,” paparnya.

Menanggapi insiden tersebut, kader GMNI , Rigen Sudrajad menyatakan keprihatinannya.

“Kami mengecam keras tindakan aparat kepolisian yang telah melakukan tindakan represif pada kader HMI dan juga aliansi mahasiswa. Kami ingin Polda Bengkulu, segera melepaskan kawan-kawan yang ditahan di Polda Bengkulu. Kemudian, kepada pihak Polda agar menindak oknum-oknum yang melakukan tindakan keras terhadap peserta aksi. Apabila kawan-kawan belum dilepaskan maka pihaknya akan melakukan aksi susulan bersama massa Cipayung dan Cipayung plus” bebernya.

Hal senada juga disampaikan kader PMKRI, Marudut Silalahi. “Pastinya kalau HMI sudah dilakukan seperti ini, PMKRI siap turun ke jalan mengawal bersama teman-teman Cipayung dan Cipayung plus,” tutupnya. (CW2)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here