Siaga Bencana, Puluhan Mahasiswa FKIP Gelar Pelatihan Pendidikan Situasi Darurat

0
43

BengkuluKito.Com, – Demi membangun rasa kesadaran, kewaspadaan dan kesiap-siagaan dalam menghadapi bencana, puluhan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMB menggelar pelatihan education in emergency/pendidikan pada situasi darurat, Sabtu (15/9/2018).

Kata Tim fasilitator Muhammadiyah Disaster Managament Center (MDMC) Provinsi Bengkulu, Agus Widianto kegiatan yang dilaksanakan merupakan bentuk kesiap-siagaan dalam menghadapi bencana maupun situasi darurat khususnya didunia pendidikan yang dirasa belum maksimal.

“Pelatihan ini suatu bentuk upaya penguatan kapasitas tenaga pendidik dari berbagai unsur kesiapan dan kewaspadaan terkhusus didunia pendidikan dalam situasi darurat, karena kita anggap belum maksimal sepenuhnya,” ujarnya

Menurut Agus, pendidikan pada saat bencana menjadi konsep yang masih perlu ditingkatkan karena berkaca dari bencana-bencana sebelumnya seperti gempa Lombok yang banyak menimbulkan kerusakan-kerusakan sekolah yang bisa menghambat hak-hak anak dan pelajar terutama dalam proses belajar-mengajar.

“Jadi pelatihan tersebut bukan hanya berbicara tentang menyenggarakan pendidikan formal, namun bagaimana berbicara tentang mengurangi trauma bagi anak-anak usia sekolah pada situasi darurat,” jelasnya.

Disisi lain, kata Agus pelatihan tersebut terselenggara atas inisiatif dari Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) FKIP UMB akan pentingnya tenaga pendidik atau relawan nantinya memiliki kemampuan untuk bisa menyelenggarakan pendidikan pada situasi darurat.

“Setiap calon relawan tenaga pendidik nantinya akan dibekali kemampuan menyelenggarakan pendidikan sekaligus menjaga pisikologis anak ketika dalam keadaan darurat, baik dalam bencana maupun lainnya,” demikian Agus. (MY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here