Kejagung RI Apresiasi Prestasi Kejari Kepahiang

BengkuluKito.Com, – Pasca prestasi yang diraih Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepahiang masuk dalam nominasi 16 besar sebagai Kejari Percontohan Se-Indonesia, Jum’at (14/9/2018) pihaknya mendapat apresiasi dari berbagai pihak salah satunya Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI).

Ketua tim penilaian sidak karya tahun 2018, sekaligus inspektur IV Jaksa Agung Muda Republik Indonesia, Sugeng Joko Susilo mengungkapkan masuknya salah satu Kejari di Provinsi Bengkulu dalam nominasi Kejari percontohan merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa, sebab hal tersebut baru pertama kali bagi Provinsi Bengkulu.

“Mudah-mudahan nanti tidak hanya Bengkulu saja. Bengkulu ini untuk pertama kalinya masuk nominasi, pencapaian ini juga bisa menjadi contoh untuk Kejari yang lain agar ikut berpacu untuk berbenah mengikuti jejak kejari Kepahiang,” ujarnya, saat berada di Kantor Kejati Bengkulu.

Dijelaskan Sugeng, pihaknya sudah melakukan penilaian dan mendatangi langsung Kejari Kepahiang sesuai dengan ajuan dan usulan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Bengkulu untuk melakukan penilaian.

“Kejari Kepahiang itu untuk wilayah hukum Kejati Bengkulu masuk salah satu Kejari yang di usulkan dan masuk nominasi Sidak Karya. Kemarin kami tim sudah melakukan penilaian disana, ada beberapa item yang belum kita nilai, namun rata-rata sudah terpenuhi,” jelasnya.

Sugeng juga menyebutkan, secara fasilitas sesuai yang diamanatkan oleh Undang-Undang Keterbukaan Publik sudah sangat memenuhi. Seperti ruang keterbukaan informasi publik, meja informasi publik, ada petugasnya yang ditunjuk, serta ruang PPH dan PPM.

“Meskipun sudah memenuhi syarat, namun masih ada juga yang perlu disempurnakan,” terangnya.

Kendati demikian,lanjut Sugeng, 16 Kejari yang masuk nominasi tersebut akan diseleksi lagi dan akan dipilih menjadi enam Kejari terbaik. Namun dari enam itu perhitungannya menjadi tipe A dan tipe B.

“Dari enam itu nanti dibagi 2 dalam perhitungannya, seperti tipe A kita ambil 1,2,3 dan tipe B juga 1,2,3. Hasilnya akan diumumkan pada akhir tahun nanti bersamaan dengan Rakernas Kejaksaan,” tutupnya. (MY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *