11.488 Data Ganda Dikeluarkan Dari DPT Se-Provinsi Bengkulu

0
35

BengkuluKito.Com, – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu, menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) tingkat provinsi Bengkulu. Jum’at (14/9/2018).

Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra, mengatakan bahwa perbaikan DPT dilakukan sebagai tindak lanjut dari rekomendasi partai politik dan Bawaslu atas temuan potensi data pemilih ganda.

“Perbaikan DPT ini merupakan tindak lanjut dari rekomendasi Parpol dan Bawaslu atas temuan potensi data pemilih ganda,” ujarnya.

Irwan menambahkan, Rekapitulasi DPTHP merupakan hasil pencermatan bersama potensi mata pilih ganda yang sudah dilakukan oleh KPU kabupaten/kota, partai politik peserta pemilu, dan Bawaslu kabupaten/kota.

“Rekapitulasi DPTHP merupakan hasil pencermatan bersama yang sudah dilakukan oleh KPU kabupaten/kota, partai politik peserta pemilu, dan Bawaslu kabupaten/kota,” paparnya dalam rapat.

Dari hasil pencermatan itu, lanjut Irwan, jumlah DPT yang sudah ditetapkan pada 31 Agustus 2018 menjadi berkurang.

“Dari hasil pencermatan bersama itu, telah dikeluarkan sebanyak 11.488 data pemilih ganda yang tersebar di sepuluh kabupaten/kota Bengkulu. Artinya, ada pengurangan jumlah mata pilih di DPT yang sebelumnya sudah ditetapkan. Maka jumlahnya sekarang menjadi 1.371.272 pemilih,” terangnya.

Dicontohkan Irwan, terjadinya perkawinan bisa menyebabkan data ganda.

“Seseorang yang sudah menikah, sudah tidak tinggal di rumah orang tuanya lagi, sudah memiliki KK sendiri, tapi belum dihapus dari KK orang tuanya, akibatnya dia terdaftar di lebih dari satu TPS. Bahkan kemaren kita cek di Dukcapil, ada satu orang memiliki tiga KK,” ucanya.

Seusai rekapitulasi DPTHP ditetapkan, Irwan mengingatkan bahwa tidak ada lagi perubahan jumlah mata pilih.

“Mata pilih tidak ada penambahan maupun pengurangan lagi setelah DPTHP ini ditetapkan. Waktu kita sudah sempit. Ini menyangkut kebutuhan logistik. Kalau pun nanti ada pemilih yang meninggal misalnya, cukup diberi tanda di daftar pemilih,” ungkap Irwan.

***
Berikut rincian pemilih ganda yang sudah dikeluarkan dari DPT:
Bengkulu Tengah: 17
Bengkulu Selatan: 504
Rejang Lebong: 425
Bengkulu Utara: 3.009
Kaur: 640
Seluma: 1.091
Mukomuko: 2.277
Lebong: 1.489
Kepahiang: 1.021
Kota Bengkulu: 1.015 (CW1)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here