Dinas ESDM Sebut Perizinan PT KRU Sesuai Prosedur

0
23

Bengkulukito.Com, – Sidang kedua mediasi gugatan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Bengkulu, yang dilayangkan terhadap PT Kusuma Raya Utama (KRU) belum juga menemukan titik terang.

Saat sidang yang dipimpin hakim Gabriel Sialagan ini berlangsung, Dinas Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM), selaku pihak turut tergugat III menyebutkan perpanjangan perizinan PT KRU sudah sesuai prosedur dan memenuhi persyaratan.

“Sebelum perpanjangan izin itu diberikan, selama setahun kami terus melakukan evaluasi terhadap PT tersebut, baik dari aspek teknis, lingkungan dan finansial. Mereka semua memenuhi persyaratan,” jelas pihak ESDM, Martin.

Menurutnya, dari sisi aspek teknis sudah dikaji sesuai dengan aturan yang ada. Terlebih untuk lingkungan, PT KRU tersebut sudah masuk kategori bagus, dari segi kehutanan sudah disurati untuk meminta rekomendasi.

“Setelah kami evaluasi selama setahun, maka berkas tersebut kami kembalikan ke dinas satu pintu untuk dikeluarkan izinnya,” terang Martin, Kamis (13/9/2018) di Pengadilan Negeri (PN) Bengkulu.

Pantauan BengkuluKito.Com, sidang mediasi kedua belah pihak tersebut berjalan alot. Semua pihak baik Walhi Bengkulu sebagai penggugat serta tergugat dan turut tergugat semuanya hadir.

Diantaranya pihak PT KRU, Kuasa hukum Plt Gubernur, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Dinas ESDM Provinsi Bengkulu, DLHK Provinsi Bengkulu serta Bupati Bengkulu Tengah, diberi kesempatan menyampaikan data terkait poin gugatan yang dilayangkan. (MY)

Leave a Reply