Wow! Tiga Kabupaten Di Provinsi Bengkulu Terancam Impor Pangan

0
81

Bengkulukito.Com, – Kabupaten Rejang Lebong, Mukomuko dan Kepahiang terancam akan bergantung pada impor untuk kebutuhan pangan. Sebab, Penyusutan areal persawahan di Provinsi Bengkulu dari 99 ribu hektar menyusut hingga 30 ribu hektar dikarenakan pengembangan komuditas tanaman perkebunan hingga kebutuhan perumahan.

Dari data hasil potret satelit tahun 2015 lalu, menunjukkan luas areal persawahan di Provinsi Bengkulu 69 ribu hektar, yang membuktikan bahwa Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 1 tahun 2010 tentang larangan alih fungsi pertanian, tidak di gubris oleh masyarakat.

Sedangkan, konsumsi beras masyarakat Bengkulu terus meningkat per-kapita per-tahunnya seperti pada 2015 dari 100 kilogram beras naik menjadi 106 kilogram per-kapita per-tahun.

Kata Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Bengkulu, Ricki Gunawan, pihaknya akan segera mengambil tidakan tegas dengan menegakkan aturan daerah bahwa tidak boleh mengalih fungsi lahan khususnya daerah-daerah irigasi dan kemudian pihaknya akan melakukan percetakan sawah.

“Ditahun ini kita lakukan percetakan sawah, yang sudah ada proses percetakan areal persawahan seluas 500 hektar. Beberapa target kita sudah di survei investigasi desainnya dan akan dilakukan secara bertahap,”jelas Ricky, Rabu (12/9/2019).

Menurut Ricki, percetakan 500 hektar tersebut akan dilakukan di Kabupaten Muko-Muko dan akan ada pengusulan lagi di tahun depan dengan memanfaatkan lahan kering untuk meningkatkan produksi padi di Bengkulu.

“Untuk wilayah Kabupaten tidak ada Pergub, namun ada peraturan daerah yang mengatur tentang areal persawahan di kabupaten tersebut,” tutup Ricky. (MY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here