Sidang Perdana, Walhi Bengkulu Konsisten Dengan Tuntutan

0
89

BengkuluKito.Com, – Sidang perdana gugatan perdata Walhi Bengkulu terhadap PT Kusuma Raya Utama (KRU) selaku pihak tergugat dan Gubernur Bengkulu sebagai pihak turut tergugat I, resmi digelar di Pengadilan Negeri (PN) Bengkulu, Kamis (6/9/2018).

Dalam sidang yang dipimpin, hakim ketua Irfanuddin, hakim anggota I Fitrizal Yanto, dan hakim anggota II Dwi Purwanto, baik pihak tergugat maupun turut tergugat semuanya hadir.

Saat sidang berlangsung sekitar pukul 14.00 WIB, hakim ketua yang juga Ketua PN Bengkulu, Irfanuddin, memeriksa kelengkapan administrasi Legal Standing pihak penggugat, tergugat dan turut tergugat. Kemudian, hakim ketua menunjuk hakim mediator, Gabriel Sialagan, setelah para pihak bersepakat untuk menyerahkan hakim pemeriksa perkara.

“Saat mediasi pertama berlangsung, intinya kuasa hukum penggugat masih sesuai dengan tuntutan kita yang 9 point itu atau intinya ada tiga point. Jika pihak tergugat dan turut tergugat tidak sepakat maka kami akan melanjutkan ke sidang,” ujar Koordinator Tim Advokasi Pulihkan Bengkulu, Sugiarto.

Namun, sambung Sugi, pihak tergugat dan turut tergugat masih meminta waktu untuk memberikan jawaban dalam mediasi.

“Hakim mediator menunda untuk memberikan kesempatan menjawab para pihak, Kamis (13/9/2018) sekitar pukul 09.00 WIB,” terangnya.

Adapun tiga point penting dalam gugatan tersebut, yakni melakukan rehabilitasi atas kerusakan hutan, memperbaiki sungai yang sudah rusak dan tercemar, serta Gubernur Bengkulu harus membuat tim rehabilitasi atas kerusakan dan pencemaran lingkungan.

Diketahui, pihak tergugat dalam perkara ini yaitu PT Kusuma Raya Utama (KRU). Turut tergugat I, Gubernur Bengkulu, turut tergugat II, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem dalam hal ini Kepala BKSDA dan Ekosistem Wilayah Bengkulu-Lampung. Turut tergugat III, Dinas ESDM Provinsi Bengkulu, turut tergugat IV DLHK Provinsi Bengkulu, serta turut tergugat V, Bupati Bengkulu Tengah. (Julio)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here