“Sosialisasi Perda Kawasan Tanpa Rokok Belum Maksimal”

0
74

BengkuluKito.Com,- Pasca disosialisasikannya Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2017 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR), Kabid Penegakan Perundang-Undangan Satpol PP Provinsi Bengkulu, R. Titus Chandra Erwana, mengakui bahwa sosialisasi Perda tersebut belum maksimal.

“Hambatan dalam menerapkan Perda itu masih banyak, termasuk sosialisasi yang kurang maksimal sehingga masih banyak pihak yang belum tahu. Padahal kami dari Satpol PP sudah memberikan sosialisasi itu dalam bentuk forum khusus,” keluhnya, Kamis (30/8/2028).

Dikatakan Titus, pihaknya sudah mengumpulkan OPD-OPD maupun perwakilan dari sekolah baik SMA juga SMK, termasuk terjun langsung ke OPD-OPD membawa Perda.

“Kita sampaikan tentang Perda itu kepada pengurus atau yang bertanggung jawab dengan OPD termasuk juga ke sekolah-sekolah, kami juga sudah datangi. Kami beri Perda juga stiker-stiker Kawasan Tanpa Rokok dan kita tempelkan di pintu masuk masing-masing OPD dan sekolah,” paparnya

Di dalam Perda itu ada namanya penanggung jawab kawasan, baik itu OPD maupun sekolah. Lanjut Titus, mereka yang punya tanggung jawab untuk memberikan sosialisasi Perda lagi dilingkungannya baik itu orang-orang yang didalam maupun dari luar seperti tamu.

“Mereka nanti yang menunjuk petugas, kalau ada yang datang merokok ya dilarang. Pemberlakuan Perda itu beda-beda. Kalau dilingkungan kerja, di dalam ruangan itu tidak boleh merokok, harus diluar atau dibuat sebuah ruangan khusus smoking area,” jelasnya.

Ditambahkan Titus, disamping Perda juga sudah ada semacam surat edaran Plt gubernur yang menyampaikan keseluruh penanggungjawab kawasan dilingkungan kerja, sarana olahraga, maupun tempat ibadah tentang penerapan Kawasan Tanpa Rokok.

“Leading sector yang membuat Perda itukan dinas kesehatan. Jadi kendalanya, dinas kesehatan itu belum membuat semacam standar larangan tanpa merokok itu bentuknya seperti apa? Kemudian, ada lokasi-lokasi tempat tertentu yang tidak boleh itu dimana? Tempat umumnya itu dimana?,” demikian Titus. (CW2)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here