Lagi, Terdakwa Korupsi PT BM Kembalikan KN Rp. 420 Juta

BengkuluKito.Com,- Satu dari tiga terdakwa dugaan korupsi kerjasama penyertaan modal antara PT. Bengkulu Mandiri (BM) dengan CV Kinal Jaya Putra, Oga Chandra, ikut mengembalikan Kerugian Negara (KN) senilai Rp. 420 juta kepada penyidik Kejari Bengkulu.

Pengembalian KN oleh Direktur CV Kinal Jaya Putra ini dilakukan setelah sebelumnya dua terdakwa lainnya, H.M Jamil dan Hamdani Yakub juga mengembalikan KN senilai Rp. 400 juta.

Kata Kajari Bengkulu, Emilwan Ridwan, berdasarkan hasil perhitungan auditor BPKP kerugian keuangan negara akibat perkara tersebut sebesar Rp. 820 juta. Hal itu sudah dimasukan didalam dakwaan Pasal 2 dan 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

 

Uang Kerugian Negara (KN) Rp. 420 Juta Diterima Tim Penyidik Kejari Bengkulu

“Ini adalah pembayaran yang terakhir mengingat dua terdakwa sebelumnya sudah mengembalikan kerugian negara senilai Rp. 400 juta. Setelah ditambah dengan Rp. 420 juta ini, maka total pengembalian KN oleh ketiga terdakwa yaitu Rp. 820 juta,” jelasnya, Senin (20/8/2018) di Kejari Bengkulu.

Tentunya pengembalian ini akan menjadi pertimbangan didalam tuntutan. Meski demikian, lanjut Emilwan, sesuai Pasal 4 Undang-Undang Tipikor pengembalian kerugian keuangan negara tidak menghapuskan dipidananya pelaku tindak pidana. Agenda penuntutan akan tetap berjalan.

“Uang yang berstatus titipan akan disimpan ke dalam rekening Bank Mandiri atas nama Kejari Bengkulu. Uang yang disimpan di bank itu tanpa bunga. Setelah ada putusan pengadilan nanti baru dimasukkan ke kas negara,” tutupnya.

Terhimpun, Selasa (21/8/2018) besok ketiga terdakwa akan menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor Bengkulu dengan agenda pembacaan tuntutan oleh tim Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *